Mother&Baby Indonesia
Riset : Membacakan Buku Bisa Membuat Anak Sukses

Riset : Membacakan Buku Bisa Membuat Anak Sukses

Moms, sering membacakan buku untuk Si Kecil? Biasanya waktu yang dipilih untuk membacakan buku cerita adalah menjelang atau sebelum tidur ya, Moms.  Membacakan buku selain mengasah bonding dan menstimulasi imajinasi anak, juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa serta menambah perbendaharaan/kosa kata Si Kecil.

 

Nah Moms, siapa yang menyangka ternyata kegiatan membacakan buku dapat membuat Si Kecil menjadi lebih sukses di kemudian hari? Riset dari Cincinntai Children's Hospital Medical Centre mengungkapkan, ternyata ada efek yang baik terhadap otak Si Kecil saat ia mendengarkan cerita dalam sebuah buku. Dengan menggunakan functional magnetic resonance imaging (fMRI), peneliti menemukan aktivasi otak secara signifikan sangat besar ketika Si Kecil terlibat dalam membacakan buku cerita.



 

Hasil penelitian yang melibatkan sekitar 20 anak menunjukkan bahwa Si Kecil yang menunjukkan ketertarikan terhadap buku yang dibacakan telah meningkatkan aktivitas di sisi kanan otak serebelum. Ini merupakan area otak yang mendukung penyempurnaan keterampilan kognitif, peningkatan memori, pemecahan masalah dan memberikan perhatian.

 

“Pesan untuk orang tua dalam penelitian ini adalah bahwa mereka harus lebih terlibat saat membaca bersama anak, mengajukan pertanyaan, mintalah mereka membalik halaman, dan berinteraksi satu sama lain,” ujar Dr John Hutton, pemimpin dari penelitian ini.

 

“Temuan kami menggarisbawahi pentingnya keterlibatan orang tua dalam membacakan buku untuk anak tanpa gangguan gadget yang menjadi penghalang yang paling umum yang perlu untuk dihindari,” tambah  Dr John Hutton. (Seva/HH/Dok. freepik)



BACA JUGA: 

Jangan Membaca Lewat Gadget Sebelum Tidur

Bolehkah Membacakan Cerita dari E-Book?

Trik Jitu Agar Si Kecil Gemar Membaca Buku

 

 

 



Tags: baca,   dongeng,   buku,   balita,   anak










Cover Mei-Juni-Juli 2020