Mother&Baby Indonesia
Tips Mudik Menggunakan Pesawat, Kereta, dan Mobil

Tips Mudik Menggunakan Pesawat, Kereta, dan Mobil

Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Anda sudah siap-siap mudik, Moms? Ya, Lebaran menjadi momen untuk bersilaturahmi bersama keluarga besar dan kerabat di kampung halaman. Nah, bila Anda mengajak Si Kecil mudik, tentu ada berbagai hal yang penting diperhatikan. Berikut tips agar Anda nyaman mudik bersama Si Kecil berdasarkan moda transportasi yang digunakan.


Mudik Naik Pesawat



1. Jika mudik menggunakan pesawat, Anda akan banyak 'diminta' untuk menunggu. Mulai dari menunggu waktu boarding sampai menunggu pesawat untuk tinggal landas. Nah, bawalah beberapa barang yang dapat membuat Si Kecil sibuk, seperti buku mewarnai, mainan magnet, dan gadget yang berisi aplikasi favorit Si Kecil. Hindari mainan kecil seperti puzzle dan lego karena mudah jatuh.


2. Jangan lupa membawa headphone untuk Si Kecil. Dengan begitu, ia bisa menikmati tontonan yang disediakan di dalam pesawat atau mendengarkan suara di gadget tanpa mengganggu penumpang lainnya. Telinganya pun akan terlindungi dari suara bising pesawat.


3. Sebaiknya lakukan web check-in dan print boarding pass dari rumah, agar tidak repot saat Anda di bandara. Anda tidak pernah tahu, bagaimana reaksi dan mood Si Kecil ketika berada di sana.


4. Pastikan Anda membawa camilan, makanan, dan susu dengan porsi cukup banyak untuk mengantisipasi kemungkinan pesawat delay.


5. Anda mungkin tidak akan lupa membawa baju ganti untuk Si Kecil. Tetapi, jangan lupa pula membawa baju ganti untuk Anda. Ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi jika Anda terkena muntahan atau kotoran ketika mengurus Si Kecil di atas pesawat.


6. Gunakan tas ransel agar kedua tangan Anda bebas menggandeng atau menggendong Si Kecil dan membawa peralatan lainnya. Anda dapat memilih berbagai merk tas ransel yang juga berfungsi sebagai diaper bag.


Mudik Naik Mobil

1. Berhentilah setiap 2-3 jam sekali jika memungkinkan, agar Si Kecil dapat merelaksasikan tubuhnya dan tidak rewel karena merasa bosan. Begitu juga dengan Anda, ada waktu untuk rehat sejenak.




2. Sebelum memulai perjalanan, cek rest area yang dekat dengan taman atau tempat hiburan anak di sepanjang rute yang Anda lewati. Dengan begitu, Si Kecil bisa beristirahat di tempat yang membuatnya senang.


3. Jika tiba waktu makan, berhentilah untuk menyuapi Si Kecil. Menyuapi makan sambil tetap berkendara dapat membuatnya mual.

 

Mudik dengan Kereta Api

1. Bawalah selimut agar Si Kecil tetap hangat. Suhu di dalam kereta api jarak jauh terkadang sangat dingin. Di sisi lain, pihak kereta tidak menyediakan selimut, kecuali untuk perjalanan malam hari. Anda dapat membawa selimut anak yang hangat dan nyaman.


2. Sama seperti di pesawat, Anda dapat membawakan Si Kecil mainan, buku, dan games kesukaannya. Kereta api dilengkapi dengan charger station, sehingga Anda tidak perlu takut kehabisan baterai.


3. Ajak Si Kecil berjalan-jalan menelusuri gerbong lain dan gerbong makan. Lakukan ini saat ia merasa bosan dan mulai rewel.

 

4. Bawalah makanan, camilan, dan air yang cukup. Jika terjadi keterlambatan, Anda dapat berada di kereta dalam waktu cukup lama, sementara kereta makan persediaannya terbatas. Anda dapat membeli makanan di awal keberangkatan atau membawa dari rumah.(Nadia/DC/HH/Dok.freepik.com)



Tags: mudik,   lebaran,   idulfitri








Cover Maret 2020