Mother&Baby Indonesia
Risiko Obesitas Bila Menaruh TV di Kamar Tidur Anak

Risiko Obesitas Bila Menaruh TV di Kamar Tidur Anak

Moms, Anda berencana menaruh televisi di kamar tidur Si Kecil? Sebaiknya dibatalkan saja ya, Moms. Soalnya, riset menunjukkan, menyimpan si kotak ajaib ini di kamar dapat membuat Si Kecil menjadi gemuk.

 

Ya, hasil temuan yang diterbitkan di International Journal of Obesity mengungkapkan, anak yang sering menonton televisi dapat terganggu kesehatannya yaitu masalah obesitas, terutama pada anak perempuan.



 

Penelitian tersebut menganalisis data lebih dari 12 ribu anak-anak di Inggris. Ternyata, lebih dari separuh anak-anak memiliki televisi di kamar tidur mereka sejak usia 7 tahun. Orang tua juga diminta untuk menilai, berapa jam sehari anak biasanya menghabiskan waktu untuk menonton TV. Hasilnya, ketika mereka menginjak usia 11 tahun, anak perempuan yang memiliki TV di kamarnya berisiko 30% mengalami obesitas. Sedangkan, anak laki-laki berisiko obesitas sebanyak 20%.

 

"Jika Anda melihat anak menonton televisi, anak laki-laki cenderung melompat-lompat dan bangun dari sofa dan tidak duduk diam. Mereka bergerak di sekitar. Sedangkan anak perempuan tidak melakukan hal tersebut," ujar Dr Anja Heilmann, ketua peneliti tersebut yang dikutip melalui BBC.

 



Peneliti melihat ada kemungkinan anak-anak menjadi kurang tidur saat menonton televisi di kamar tidur. Bahkan ada kecenderungan anak mengemil di depan televisi. "Studi kami menunjukkan adanya hubungan yang jelas antara meletakkan televisi di kamar tidur saat masih kecil dan obesitas beberapa tahun kemudian," kata peneliti Dr Anja Heilmann. (Seva/HH/Dok. freepik)

BACA JUGA:

Menonton TV Bersama Pasangan Bikin Hubungan Mesra

Efek Positif Mendampingi Anak Nonton TV

Anjuran Waktu Menonton TV untuk Balita

 



Tags: menonton,   obesitas,   kegemukan