Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 19 Juni 2017 / Redaksi

8 Trik Jitu Menerapkan Baby Led Weaning (BLW) pada Bayi

Biasanya, saat bayi memasuki tahapan MPASI, Moms memberikan bubur lunak dan menyuapi Si Kecil. Namun, di tahun 2008 muncul MPASI dengan cara berbeda yang dipopulerkan oleh Gill Rapley, bidan asal Inggris yakni baby-led weaning (BLW). Anjurannya sederhana saja, yaitu cukup meletakkan makanan yang sesuai dan aman bagi bayi di baki makannya, lalu biarkan ia menyantapnya sendiri.

 

Cara ini menurut Rapley, memungkinkan Si Kecil untuk memutuskan berapa banyak dan seberapa cepat ia makan. Namun sebagai catatan, untuk sejumlah bayi, terutama dengan kebutuhan khusus dan belum bisa mengambil maupun makanan dengan baik, sebaiknya tidak mencoba BLW. Meski metode BLW baik untuk dilakukan, namun banyak orangtua yang merasa khawatir bayinya tidak cukup makan bila dibiarkan makan sendiri. Tetapi selama ia tetap mendapatkan ASI, Moms tidak perlu khawatir. Nah, guna menghalau rasa khawatir kala menerapkan BLW, perhatikanlah hal-hal berikut ini, ya Moms!




1) Rileks
Jika pengalaman makan pertama Si Kecil berjalan dengan menyenangkan maka ia akan menikmati kegiatan tersebut dan membentuk hubungan positif serta sehat dengan makanan semasa hidupnya. Untuk bisa rileks, Moms harus percaya diri menerapkan metode BLW ini dan yakin bahwa bayi sudah siap. Kesiapan itu ditandai dengan bayi berusia 6 bulan, duduk tegak sendiri dan ajek, serta koordinasi antara mata, mulut dan tangan sudah baik.

2) Makan bersama
Untuk alasan keamanan, selalu awasi Si Kecil secara langsung saat ia makan. Moms dan anggota keluarga lainnya disarankan terlibat dengannya, salah satunya melalui makanan bersama. Menurut ahli, makan bersama adalah pengalaman sosial. Selain itu, makan bersama juga menunjukkan perilaku makan sehat.




3) Asah Keingintahuan
Bayi akan tertarik makan jika ia bisa belajar cara memegang, mencium dan mencicipi makanannya. Jadi, jangan fokus atas berapa banyak bayi makan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bayi yang makan sendiri lebih baik dalam mengatur makanan yang disantap. Mereka akan menyelaraskan diri dengan tubuhnya dan tahu saat kenyang.

 

Nah, itu dia beberapa poin tentang tips menerapkan BLW agar berjalan dengan lancar. Untuk 5 tips lainnya silahkan Moms baca di Majalah Mother&Baby Indonesia edisi Juni 2017. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Inilah Manfaat Snack untuk Perkembangan Si Kecil

Bayi Bisa Bermimpi, Ini 3 Tandanya!

Apakah Si Kecil Alergi? Yuk,Deteksi Sejak Dini!

OTHER ARTICLES

Nama Anak bisa Pengaruhi Kreativitas & Percaya Dirinya

Sebaiknya Waspada! Ini Bahaya Kabut Asap buat Ibu Hamil

Mata Balita Minus? Ini Penyebabnya, Moms

Nyeri saat Menyusui? Ketahui 7 Fakta Mastitis, Moms!

Teori-teori Tentang Parenting yang Tidak Ada di Buku