Mother&Baby Indonesia
Bayi Tumbuh Gigi Sering Gigit Puting? Ini Solusinya!

Bayi Tumbuh Gigi Sering Gigit Puting? Ini Solusinya!

Moms, puting payudara terasa sakit saat menyusui? Ya, problem ini sering dialami ibu baru terutama di masa awal menyusui Si Kecil. Rasa sakit pada puting payudara kemungkinan terjadi karena terluka, bahkan hingga mengeluarkan darah. Keadaan ini, biasanya terjadi karena sebagian besar pelekatan yang ibu lakukan kurang tepat. Alhasil, puting akan sedikit tertarik dan membuatnya sakit.

 



Namun, bagaimana bila puting masih terasa sakit padahal pelekatan sudah benar? Bisa jadi, itu karena Si Kecil sedang dalam tahap pertumbuhan gigi. Menurut Dr Anita Sharma, IBCLC, Certified Lactation Consultant, FORTIS La Femme and A Member of Medela LC Club, Jika bayi sedang tumbuh gigi dan menggigit puting susu Anda, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan:


1. Beri makan saat Si Kecil merasa lapar. Saat makan, ia akan fokus untuk mengunyah walaupun belum memiliki gigi. Nah, saat ia menyusu pada payudara Anda, ia akan jarang menggigit.


2. Ringankan rasa tak nyaman saat tumbuh gigi dengan memberi Si Kecil teether. Anda juga dapat memberikan wortel beku atau makanan beku yang lain sebagai 'terapi” untuk memijat gusi-gusinya yang terasa gatal.




Jadi, untuk mengurangi gigitan Si Kecil pada puting Anda, cobalah untuk menciptakan rasa nyaman pada Si Kecil ya Moms! (Seva/HH/Dok.Freepik.com)

 

 



Tags: menyusui,   tumbuh gigi,   teething










Cover Mei-Juni-Juli 2020