Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 9 Juni 2017 / Redaksi

Inilah Manfaat Snack untuk Perkembangan Si Kecil

Moms, sejak usia 8 bulan ke atas, nutrisi yang diperoleh Si Kecil 30% berasal dari makanan selingan atau snack. Selain itu, menurut Praktisi Kesehatan Anak, dr. Margareta Komalasari, SpA, memberikan snack pada Si Kecil usia 8 bulan ke atas dapat melatih self-feeding skill atau kemampuan makan sendiri sejak usia dini.

 

“Memasuki akhir usia 7 bulan, bayi mampu mengoordinasikan gerak motorik halus, seperti meraih, mengambil dan memindahkan benda dari tangan yang satu ke tangan lainnya, dan mampu menjimpit benda dengan kedua jarinya. Periode ini menunjukkan bahwa kemampuannya untuk memegang dan melepas makanan semakin berkembang,” ujar  dr. Margareta, yang ditemui dalam Media Launc Promina Puffs.



 



Dalam fase ini, Anda dapat memberikan stimulasi berupa finger food dengan ukuran dan tekstur yang tepat, seperti mudah digenggam ataupun dijimpit dan tidak keras, agar Si Kecil tidak mudah tersedak. Bila ia diberikan finger food sejak dini dan kemampuan menjimpit makanan kecil semakin baik, maka akan berdampak baik pada perkembangan kemandirian makan, kemampuan memegang alat tulis hingga kemampuan menulis di kemudian hari. (Seva/HH/Dok. freepik)

 

 

 


RELATED ARTICLE

Apakah Si Kecil Alergi? Yuk,Deteksi Sejak Dini!

Gadget Bisa Sebabkan Anak Lambat Bicara, Ini Solusinya

Waspadai Bahaya Overstimulasi Pada Anak, Ini Cirinya!

OTHER ARTICLES

Efek Vakum pada Ibu Melahirkan

5 Mitos dan Fakta Mengenai Kecerdasan Newborn

15 Cara untuk Mencegah Speech Delay pada Anak

Tips Menyimpan Buah agar Matang Maksimal

Hati-Hati! Balita Juga bisa Alami Bulimia lho, Moms