Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 2 Juni 2017 / Redaksi

Bayi Bisa Bermimpi, Ini 3 Tandanya!

Moms, terungkap sebuah fakta jika bayi juga bisa bermimpi. Bahkan menurut dr. Alan Green, profesor pediatri Universitas Standford, California, Amerika Serikat, seperti dikutip dari Motherandbaby.co.uk, bayi bahkan bermimpi lebih banyak daripada anak-anak dan orang dewasa.

 

Prof.  Alan menjelaskan bahwa bayi memiliki siklus tidur layaknya orang dewasa, yaitu tidur ringan kemudian tidur nyenyak. Namun bedanya, pada orang dewasa siklus tidur terjadi selama 90 menit, sedangkan pada bayi lebih pendek. “Siklus tidur bayi mulai dari tidur ringan (light sleep) ke tidur nyenyak (deep sleep) berlangsung selama 50 menit saja,” ungkap Prof. Alan.



 

Ia pun menambahkan, memang tak ada yang tahu apa yang sedang dimimpikan bayi. Namun, orangtua bisa mengetahui baik atau buruknya mimpi anaknya dengan memerhatikan reaksi bayi saat terbangun. Jika ia bahagia dan tersenyum saat bangun, maka mungkin mimpinya bagus. Sebaliknya, jika rewel dan menangis, ada kemungkinan ia mengalami pengalaman mimpi yang tidak menyenangkan.

 

Nah, bagaimana Anda tahu kalau Si Kecil sedang bermimpi? Ahli dari Universitas Iowa mengemukakan bahwa ada 3 tanda bayi sedang bermimpi yaitu:

 



1) Matanya kedutan
Apakah Anda pernah melihat mata Si Kecil kedutan saat tertidur? Itu bisa menjadi tanda kalau Si Kecil tengah bermimpi dalam tidurnya.

 

2) Tersenyum
Jika Anda melihat Si Kecil tersenyum saat tidur maka kemungkinan ia masuk dalam fase REM (Red Eye Movement).  Umumnya mimpi terjadi saat fase tidur ini.

 

3) Matanya bergerak-gerak
Para ahli dari Universitas Tel Aviv mengatakan, saat mata bergerak atau berkedip saat tidur maka orang tersebut tengah bermimpi. (Meiskhe/HH/dok.M&B UK)

 

 


RELATED ARTICLE

Apakah Si Kecil Alergi? Yuk,Deteksi Sejak Dini!

Berat Badan Kurang Mengganggu Perkembangan Otak Anak

Gadget Bisa Sebabkan Anak Lambat Bicara, Ini Solusinya

OTHER ARTICLES

Manfaat Pelukan untuk Anak & 5 Gaya Pelukan Seru!

8 Rahasia Hidup Bahagia yang Perlu Anda Terapkan

Moms, Ini Manfaat Mengajak Anak Bermain di Luar

Hal-Hal Memalukan yang Dialami saat Anda sedang Hamil

Hati-Hati! Orang Dewasa Juga Bisa Kena Cacar Air, Lho