Mother&Baby Indonesia
Kenali Penyebab, Gejala dan Pengobatan Roseola

Kenali Penyebab, Gejala dan Pengobatan Roseola

Moms, banyak sekali penyakit yang mesti kita waspadai. Salah satunya, roseola. Roseola juga dikenal dengan roseola infantum adalah penyakit yang terjadi karena virus yang paling sering menyerang anak-anak antara usia 6 bulan dan 2 tahun. Hal ini biasanya ditandai dengan demam yang berlangsung selama 3-5 hari. Lalu muncul bercak merah pada tubuh Si Kecil.

 

Penyebab Roseola
Dikutip melalui kidshealth.org, roseola biasanya disebabkan oleh virus HHV-6 atau virus herpes tipe 6 dan tipe 7. Virus ini termasuk dalam keluarga yang sama dengan virus herpes simpleks yang lebih dikenal (HSV), namun tidak menyebabkan luka dingin dan herpes genital.



 

Gejala atau Tanda Terkena Roseola
Penderita roseola akan mengalami demam (sekiar 37 C bahkan hingga 39,5 C) yang berlangsung selama 3-5 hari lalu muncul bercak merah mulai dari punggung, perut, lalu menyebar ke wajah. Biasanya disertai juga dengan pilek dan batuk ringan, mendadak tidak nafsu makan, nyeri tenggorokan, bahkan tidak jarang disertai dengan pembengkakan kelenjar di leher, dan diare ringan. Ruam setelah demam akan berlangsung selama 3 – 5 hari. Hindari udara panas agar Si Kecil tidak merasa terlalu gatal pada badannya.

 

Roseola dapat menular saat demam tapi tidak menular saat muncul ruam merah ya Moms. Maka segera hindari kontak dengan teman-temannya ketika Si Kecil terkena roseola. Pasalnya, penularannya sama seperti penularan pilek pada umumnya, yaitu terkena ketika berada di dekat penderita yang sedang batuk ataupun bersin. Berbagai penggunaan barang juga dapat menularkan virus  HHV-6, seperti penggunaan sendok, garpu, piring dan gelas.



 

Pengobatan Roseola
Saat Si Kecil mulai demam, pastikan ia dapat beristirahat. Usahakan suhu dalam ruangan sejuk agar ia tidak merasa gatal ketika ruamnya muncul. Gunakan baju yang tipis atau menyerap keringat. Semakin Si Kecil berkeringat, maka tubuhnya semakin terasa gatal.

 

Demam yang tiba-tiba tinggi dapat menyebabkan Si Kecil kejang. Maka sebaiknya bawa ke dokter ketika suhu tubuhnya sudah menunjukkan angka 39 C. Sebenarnya, roseola dapat sembuh dalam waktu kurang lebih seminggu dengan pengobatan di rumah saja. Namun, hilangnya nafsu makan terkadang dapat membuat Anda panik. Konsultasikan kepada dokter bila Si Kecil tetap sulit makan walaupun ruam merahnya sudah hilang. Untuk mencegah dehidrasi saat demam, berikan minum air putih. Minum susu juga dapat menghindarinya dari dehidrasi. (Seva/HH/Dok. medicinenet.com)

 



Tags: roseola,   penyakit,   bayi,   balita










Cover April 2020