Mother&Baby Indonesia
Ini Dia Manfaat Snacking untuk Anak

Ini Dia Manfaat Snacking untuk Anak

Moms, apakah Anda pernah memberi makanan ringan untuk Si Kecil? Jika iya, maka Anda sudah melakukan hal yang benar. Setelah mengonsumsi ASI eksklusif setelah 6 bulan, Si Kecil memang membutuhkan asupan lain untuk kebutuhan nutrisinya, termasuk snack. Selain dari segi nutrisi, snacking juga memiliki beberapa manfaat lain lho, Moms.

 

1. Perkembangan Motorik Halus
"Snacking yang diterapkan pada anak usia mulai 10 bulan dapat mengasah kemampuan Si Kecil untuk belajar makan sendiri (self-feeding). Kegiatan ini merupakan stimulus untuk perkembangan motorik halus anak,” ujar psikiater anak Dr. dr. Tjhin Wiguna, SpKJ(k) saat ditemui pada peluncuran Cerelac NutriPuffs di Jakarta Rabu (24/5) lalu.  Dengan belajar makan sendiri, Si Kecil sekaligus melatih tangannya untuk hal positif lain nantinya, seperti menggambar.




2. Mendukung Interaksi dan Komunikasi
Jika dilakukan dengan menyenangkan, waktu snacking juga bisa menjadi ajang bonding antara Anda dan Si Kecil. Salah satu efek positifnya adalah Anda dapat menumbuhkan rasa saling percaya antara anak dengan orang tua. “Anak yang punya rasa saling percaya dengan roang tuanya cenderung lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan dan lebih percaya diri,” tambah dr. Tjihn.

 

Untuk waktu dan frekuensi snacking, WHO merekomendasikan 3-4 kali makan dan 1-2 kali snacking untuk bayi berusia 9-23 bulan. Lalu bagaimana cara memilih snack yang baik untuk Si Kecil? Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan.

 



  • Kandungan Gizi

Menurut market nutrionist Nestle, Eka Herdiana, carilah snack yang mampu melengkapi kebutuhan gizi Si Kecil dan perhatikan juga kandungan gula dan garamnya. Pastikan Anda memilih snack yang rendah gula dan rendah garam.

 

  • Ukuran dan Tekstur

Eka juga mengatakan bahwa Snack Si Kecil sebaiknya mudah digenggam, mudah meleleh, dan bertekstur. Jika Anda memberikan buah atau sayur, pastikan potongannya cukup besar agar Si Kecil tidak tersedak.

 

  • Rasa

Tentu Si Kecil akan lebih lahap makan jika snack memiliki rasa yang enak. Ini juga merupakan waktu yang tepat untuk memperkenalkan Si Kecil pada banyak varian rasa, Moms. (Nadia/Meiskhe/Dok. M&B UK)



Tags: bayi,   balita,   snack,   tips,   dokter,   manfaat,   enak,   rasa,   camilan,   kue,   ukuran,   tekstur








Cover Maret 2020