Mother&Baby Indonesia
Jangan Memandikan Bayi Terlalu Lama, Ini Dampaknya!

Jangan Memandikan Bayi Terlalu Lama, Ini Dampaknya!

Momen memandikan bayi adalah sesuatu yang selalu ditunggu para orangtua baru. Meski kelihatannya menyenangkan, tapi lakukan dengan hati-hati ya Moms. Selain itu, ingat jangan memandikan bayi terlalu lama. Kenapa? karena menurut Karen Benzies, ahli kesehatan bayi dari University of Calgary di Kanada, kandungan lemak dalam tubuh bayi masih sangat rendah, sehingga jika memandikannya terlalu lama akan membuatnya mudah merasa dingin.

 

Oleh karena itu, Moms harus pandai-pandai menyiasati ketika memandikan bayi. Karen menyarankan agar bayi tidak terlalu sering dimandikan dan saat mandi gunakan air hangat. Agar tidak menangis, tarik perhatiannya dengan menghadirkan mainan.



 

Moms juga bisa membersihkan bayi dengan menggunakan lap berupa handuk yang telah dibasahi air hangat, lalu usap perlahan pada bagian wajah, tangan, bokong dan lipatan-lipatan kulit. “Tidak masalah untuk melap bayi setiap hari,” ujar Karen.

 

Nah, setelah bayi dimandikan, sediakan handuk bersih untuk mengeringkan tubuhnya. Ingat, sering-sering mengganti handuk agar tidak menjadi sarang bakteri yang bisa membuat kulit iritasi dan ruam. Bayi juga tidak perlu dipakaikan lotion layaknya orang dewasa. Tapi, kalau Anda tetap ingin mengaplikasikannya, pilih lotion yang hypoallergenic ya, Moms!
(Meiskhe/HH/dok/Freepik)

BACA JUGA:



Si Kecil Mandi di Malam Hari

Bolehkah Bayi Mandi Air Dingin

Fakta Seputar Mandi Bayi

 

 



Tags: bayi,   mandi,   tips,   ahli,   handuk,   bersih,   air,   tubuh,   lemak,   ibu,   lap








Cover Maret 2020