Home - Bayi - Baby First Time / 15 Mei 2017 / Redaksi

Patuhi 9 Rambu-Rambu Menjenguk Bayi Baru Lahir Ini!

Ketika mendengar saudara, kerabat maupun sahabat baru saja melahirkan, Anda tentu ingin segera menjenguknya. Tapi, sebelum pergi menjenguk, sebaiknya pertimbangkan kembali apakah kehadiran Anda tidak mengganggu bayi dan ibunya. Jika ya, maka tunda dulu. Namun jika Anda tetap akan berangkat menjenguk, maka Anda harus mematuhi 9 rambu-rambu ini. Apa saja? Berikut di antaranya:

 

1) Bikin janji terlebih dahulu
Moms, jangan mendadak kalau akan mengunjungi bayi baru lahir. Sebaiknya bikin janji terlebih dahulu ya. Jika sahabat atau kerabat Anda itu siap untuk dikunjungi, maka Anda boleh pergi. Setiap ibu yang baru habis melahirkan memiliki kondisi yang berbeda-beda, jadi Anda harus menghormati dan pahami jika ia belum bisa menerima tamu untuk sementara waktu.

 

2) Sesuaikan jadwal dengan ibu dan bayi
Usahakan sesuaikan waktu berkunjung Anda dengan waktu istirahat ibu maupun Si Bayi. Hindari datang saat ibu dan bayi tidur siang dan terlalu larut malam.

 

3) Kunjungan singkat
Hindari terlalu lama berkunjung ke rumah kerabat atau sahabat Anda yang baru melahirkan tersebut. Batasi hanya sampai 1 jam, misalnya, karena ibu dan bayinya butuh banyak waktu untuk beristirahat.


4) Membawa makanan
Saat berkunjung, sebaiknya bawakan sahabat Anda sesuatu yang bisa dimakan. Biasanya, ibu yang baru melahirkan direpotkan dengan mengurus bayi sehingga tidak sempat menyiapkan makanan.

 

5) Cuci tangan sebelum menggendong bayi
Kalau Anda ingin menggendong bayi, maka cuci tanganlah terlebih dahulu. Ini bermanfaat untuk meminimalisasi perpindahan kuman dari luar ruangan ke tubuh bayi.


6) Tawarkan untuk menjaga bayi sejenak
Jika Anda adalah teman dekat Si Ibu, maka Anda bisa membantunya menjaga bayinya sejenak sementara ia beristirahat ataupun mandi.


7) Sebaiknya tolak ketika ditawari minum ataupun makanan
Moms, ketika berkunjung jangan pernah merepotkan untuk dibuatkan minum dan makanan ya.  Sebaiknya, tolak dengan halus karena ibu melahirkan sudah cukup repot mengurus bayinya seharian.

 

8) Hindari membawa anak kecil
Kalau bisa jangan membawa anak kecil. Kalaupun ada, sebaiknya anak berusia di atas 6 tahun saja yang boleh diikutkan. Kenapa? karena dikhawatirkan saat berkunjung kehadiran anak kecil malah membuat Anda tidak fokus dengan kunjungan tersebut.


9) Berikan saran secukupnya
Biasanya ibu yang baru melahirkan akan meminta saran tentang mengasuh bayi. Berbagilah mengenai pengalaman Anda dan jangan terlalu menggurui ya! (Meiskhe/HH/dok.Freepik) BACA JUGA:

Ajak Si Kakak Menyambut Adiknya

Ini yang Terjadi pada Vagina Pasca Melahirkan

Perhatikan Masa Pemulihan Pasca Operasi Caesar







RELATED ARTICLE

Kapan Si Kecil Diajarkan Berbagi?

10 Fakta tentang Newborn yang Wajib Orangtua Ketahui

5 Tips Menyiapkan Kamar Nyaman untuk Bayi




OTHER ARTICLES

5 Gaya Asuh Orang Tua Milenial

5 Hal yang Bisa Ditiru dari Orang Tua Skandinavia

Saat Si Kecil Sering Mengucapkan 'Tidak'

Bayi Penyanyi Ini Kejatuhan Lampu Panas di Mall!

Balita Ini Hampir Buta karena Penyakit Langka