Mother&Baby Indonesia
10 Fakta tentang Newborn yang Wajib Orangtua Ketahui

10 Fakta tentang Newborn yang Wajib Orangtua Ketahui

Berbagai buku mengenai bayi pasti telah Moms baca untuk mempersiapkan kelahiran Si Kecil. Meski demikian, ada saja kejadian yang sebenarnya wajar terjadi pada bayi, tapi tetap membuat Moms panik dan ingin segera membawa Si Kecil ke dokter. Apa saja kejadian itu? Yuk intip fakta berikut ini, mungkin saja Anda mengalami salah satunya!

 

1. Cradle cap
Kerak yang kerap muncul di kepala bayi memang tidak sedap dipandang. Pastinya, tidak cukup hanya sekali usaha Moms untuk menghilangkan kerak putih ini. Untungnya, kerak ini akan hilang dengan sendirinya beberapa bulan setelah kelahiran.



 

2. Ledakan 'poop'
Ya, mungkin ledakan adalah kata yang tepat untuk menggambarkan popoknya yang penuh kotoran. Teksturnya yang encer membuat kotoran mudah menyebar. Jangan kaget kalau kotoran bayi menyebar sampai punggungnya ya, Moms. Hehe.


3.  Dada menonjol
Ingat bagaimana peningkatan hormon mempengaruhi fisik dan psikis Anda? Ternyata hormon ini juga berpengaruh pada bayi. Terkadang dada Si Kecil terlihat agak menonjol akibat peningkatan hormon selama masa kehamilan. Tapi jangan khawatir, lambat laun tonjolan tersebut akan hilang.

 

4. Suara mengerang
Bayi lahir tidak hanya bisa menangis saja lho, Moms. Tetapi bayi mampu mengeluarkan berbagai bunyi, mulai dari suara mengendus, mendengkur, dan berbagai suara lain yang tidak pernah Moms bayangkan. Suara ini juga menjadi tanda adanya lendir di rongga hidung.

 

5. Bersin berulang
Seberapa sering Si Kecil bersin dalam sehari? Tenang saja, bersin belum tentu tanda alergi. Jangan lupa kalau makhluk kecil kesayangan Moms masih baru di dunia ini. Bersin menjadi salah satu caranya untuk menghalau partikel yang mencoba masuk ke pernapasannya.

 

6. Gerakan terkejut
Gerakan menyentak dan meronta mungkin terlihat mengagetkan pada awalnya. Biasanya pada bulan-bulan pertama, Si Kecil akan menghadapi berbagai perkembangan, termasuk dalam mengasah refleks moro atau gerakan terkejutnya. Refleks ini sering kali muncul ketika ia mendengar suara keras.



 

7. Bentuk kepala yang aneh
Terkejut dengan bentuk kepala Si Kecil yang terlihat agak rata? Moms tidak sendirian kok. Melahirkan membutuhkan usaha yang tidak mudah, baik untuk Moms sendiri mau pun Sang Buah Hati. Kepala bayi baru lahir sangat lunak, sehingga usaha untuk keluar melalui tulang pinggul menyebabkan kepalanya menjadi sedikit rata.

 

8. Alat kelamin membengkak
Ketika pertama kali melihat Si Kecil, mungkin Moms menyadari alat kelaminnya berukuran lebih besar dari yang diperkirakan. Hal ini dapat terjadi karena ia terpapar oleh hormon di panggul Anda atau karena kelebihan cairan. Tenang saha, cairan itu akan keluar bersama dengan urinenya dalam beberapa hari!

 

9. Darah pada popok
Seberapa pun bercak darah yang terdapat pada popoknya, pasti cukup membuat Anda ketakutan. Tetapi bercak ini tidak selalu pertanda bahaya. Banyak hal menjadi pemicunya, seperti terpapar oleh hormon saat melewati bagian uterus atau gerakan usus yang dapat  meninggalkan sedikit luka.

 

10.  Mata juling
Khawatir melihat matanya yang tidak melihat ke satu arah? Jangan panik ya. Bayi masih mempelajari berbagai kemampuan barunya, termasuk dalam indra penglihatan. Ia membutuhkan beberapa waktu untuk memilki kontrol pada otot dan melatih teknik fokus ke satu arah.

Nah, itu dia fakta-fakta yang wajib ketahui tentang Si Newborn. Semoga membantu dalam mengasunya ya. (ClaudiaCarla/Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: bayi,   newborn. fakta,   menarik,   kesehatan,   normal,   peristiwa,   kerak_kepala,   tangisan,   tanda,   gejala








Cover Maret 2020