Mother&Baby Indonesia
Waspadai 6 Faktor Penyebab Infertilitas Ini!

Waspadai 6 Faktor Penyebab Infertilitas Ini!

Moms, infertilitas atau ketidaksuburan menjadi kekhawatiran pasangan suami-istri, terutama yang tak kunjung hamil. Jika salah satu pasangan ternyata tidak subur, maka tentu saja akan membutuhkan waktu yang relatif lama untuk memeroleh keturunan.

Nah, apa saja faktor penyebab ketidaksuburan yang perlu Anda dan pasangan perhatikan? Yuk, simak uraian ini dan jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter ya, Moms!


1) Riwayat keluarga



Menurut dr. Janelle Luk, dari Neway Fertility di Manhattan, AS, salah satu faktor penyebab ketidaksuburan adalah riwayat keluarga. Kalau misalnya orangtua Anda sulit mendapatkan keturunan, maka jangan heran jika hal itu juga Anda alami sekarang. Faktor infertilitas pria, misalnya bisa diturunkan dari kakek ke ayah kemudian ke anak. Wanita yang mengalami menopause dini pun mengalami hal yang sama.


2) Nyeri panggul kronis
Jika Anda merasakan bagian panggul atau pelvic pain nyeri tidak tertahankan, maka bisa dicurigai sebagai endometriosis. Endometriosis adalah jaringan endometrium yang normalnya tumbuh di dalam rahim, tapi ini justru tumbuh di luar rahim. Karena itu, perempuan jadi sulit hamil.

 

3) Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
PCOS adalah salah satu penyebab infertilitas dan banyak perempuan yang tidak mengetahui hal ini. Tanda-tanda PCOS yang bisa dikenali adalah menstruasi tidak teratur, pertumbuhan rambut yang berlebihan, pelvic pain, berat badan bertambah dan lain-lain.


4) Penyakit menular seksual seperti klamidia dan gonore
Menderita penyakit menular seksual (PMS) seperti klamidia dan gonore dapat membuat Anda sulit hamil lho, Moms. Kedua infeksi ini ditularkan melalui hubungan seks dengan pasangan dan sering kali gejalanya tidak tampak, sehingga kerap diabaikan.

 



5) Obesitas
Kegemukan atau obesitas bisa jadi faktor Anda sulit mendapatkan anak, baik itu dialami oleh perempuan maupun pria. Selain itu, obesitas terutama pada perempuan bisa membahayakan kehamilan karena mengakibatkan keguguran dan preeklampsia.


6) Terlalu kurus atau BB kurang dari normal
Tubuh terlalu kurus atau berat badang kurang juga bisa menghambat kehamilan karena mengganggu pembuahan. Karena itu Moms, usahakan untuk menaikkan berat badan menjadi normal saat merencanakan kehamilan ya! (Meiskhe/HH/dok.Freepik)

BACA JUGA:

Waspada Bila Tak Kunjung Hamil di Tahun Pertama Pernikahan

Infertilitas Akibat Gangguan Cerna

Solusi untuk Mengobati Infertilitas


 



Tags: kehamilan,   infertilitas,   fertilitas,   ketidaksuburan,   faktor,   penyebab,   tanda,   keluarga,   penyakit,   se








Cover Januari - Februari 2020