Mother&Baby Indonesia
Ibu Hamil dengan Preeklampsia Berisiko Terkena Stroke

Ibu Hamil dengan Preeklampsia Berisiko Terkena Stroke

Sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini mengungkapkan kalau 1 dari 10 wanita hamil Inggris didiagnosis menderita komplikasi, yang menyebabkan tekanan darah tinggi, kaki bengkak, pergelangan kaki dan wajah, dan sakit kepala parah atau disebut dengan preeklampsia.

 

Dr Eliza Miller  dari New York Presbyterian dan Columbia University Medical Center, menduga bahwa kondisi tertentu meningkatkan risiko stroke pada wanita dengan preeklampsia saat kehamilan, namun beberapa penelitian telah meneliti secara ketat masalah ini.



 

Para peneliti menemukan lebih dari 200 wanita hamil dengan preeklampsia mengalami stroke per 100.000 kelahiran. Dan lebih dari satu dari sepuluh yang memiliki stroke terkait preeklampsia meninggal di rumah sakit.

 

"Wanita dengan preeklampsia yang memiliki hipertensi kronis (tekanan darah tinggi), gangguan perdarahan atau penggumpalan darah, atau infeksi - terutama infeksi saluran kencing - tampaknya berisiko tinggi mengalami stroke,” ujar Dr Eliza Miller yang dikutip melalui Dailymail.co.uk.



 

Wanita berisiko tinggi mengalami preeklampsia jika mereka menderita diabetes, tekanan darah tinggi atau penyakit ginjal sebelum memulai kehamilan. Ada kemungkinan lebih tinggi untuk mengembangkan kondisi ini jika Anda memilikinya selama kehamilan sebelumnya dan jika Anda memiliki kondisi lain, seperti sindrom lupus atau antifosfolipid.

 

Dr Miller mengatakan pesan untuk wanita hamil dengan komplikasi, dan  harus memperhatikan faktor-faktor risiko ini, serta tanda-tanda peringatan stroke. (Seva/Meiskhe/Dok. freepik)



Tags: stroke,   kesehatan,   hamil








Cover Januari - Februari 2020