Mother&Baby Indonesia
Ibu Hamil dengan Kondisi Ini Tak Disarankan Puasa

Ibu Hamil dengan Kondisi Ini Tak Disarankan Puasa

Moms, Anda sedang hamil? Sebelum menjalankan ibadah puasa, Anda perlu mengecek kondisi kesehatan ke dokter kandungan, ya. Kenapa? karena ternyata ada kondisi kesehatan tertentu di mana ibu hamil tidak dianjurkan untuk berpuasa. Jika tetap memaksakan diri tidak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam, maka akan membahayakan diri ibu dan janin.

Nah, kondisi apa saja ibu tidak disarankan berpuasa?

1) Mual dan muntah



Biasanya di semester pertama kehamilan, terjadi perubahan hormon yang signifikan, sehingga mengganggu kesehatan ibu hamil. Ibu tidak disarankan berpuasa pada semester ini, terutama jika mengalami mual dan muntah.

 

2) Diabetes melitus
Ibu hamil yang mengalami diabetes baik itu diabetes tipe 1, tipe 2 dan gestasional tidak disarakan untuk berpuasa, karena harus menjalani diet khusus yang telah dintentukan dan ada pula yang harus mendapatkan suntikan insulin secara berkala.


3) Hipertensi
Karena tidak mengonsumsi apapun dalam waktu lama, berpuasa bisa jadi hal berbahaya bagi penderita hipertensi karena bisa terjadi lonjakan tekanan darah sewaktu-waktu.



 

4) Perdarahan
Ibu yang mengalami perdarahan tetapi tetap memaksa berpuasa, malah akan membuat kondisinya bertambah parah, karena tidak bisa mengonsumsi obat yang sudah diresepkan.

 

5) Dehidrasi
Kalau Anda merasa lemas karena kekurangan cairan, maka segera batalkan puasa agar tidak menimbulkan masalah kesehatan pada diri dan janin di perut. (Meiskhe/HH/dok.M&B UK)



Tags: kehamilan,   ibu,   puasa,   ramadhan,   makanan,   minuman,   penyakit,   gangguan,   kesehatan,   kondisi,   hipertens










Cover Mei-Juni-Juli 2020