Mother&Baby Indonesia
Cara Mengatasi Sulit BAB Pasca Melahirkan

Cara Mengatasi Sulit BAB Pasca Melahirkan

Dijawab oleh dr. Ardiansjah Dara, SpOG, spesialis obgyn dari MRCC Siloam Hospital Semanggi, Jakarta.

 

T: Dok, saya tidak bisa BAB setelah melahirkan secara normal. Apakah hal ini wajar? Apa penyebabnya dan adakah cara yang bisa saya lakukan BAB lancar lagi seperti dulu?



 



J: Ibu yang baru melahirkan secara normal, biasanya secara psikis agak khawatir jika akan BAB karena takut jahitannya terbuka. Selain itu, rasa nyeri di sekitar daerah perineum (vagina dan anus) akibat ambeien juga membuat ibu ingin menunda BAB. Beberapa faktor inilah yang kemudian membuat ibu susah BAB setelah melahirkan. Sebagai solusinya, dokter akan memberikan cairan laksansia untuk melunakkan feses. Feses yang lunak akan membuat proses mengejan tidak terlalu susah dan tidak menimbulkan nyeri. Umumnya seorang ibu sudah bisa kembali BAB setelah 1 sampai 2 hari pasca persalinan normal. Tentunya hal ini tergantung juga dari jenis makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk segera pergi ke dokter untuk mendapatkan obat tersebut. (ClaudiaCarla/Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: persalinan,   sulit,   bab,   dokter,   obgyn,   nutrisi,   serat,   obat,   kandungan,   feses,   nyeri,   jahitan,   luka








Cover Januari - Februari 2020