Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 23 Mei 2017 / Redaksi

7 Persiapan yang Wajib Anda Lakukan Sebelum Hamil

Setelah menikah, Anda tentunya menantikan kehadiran sosok mungil hadir di tengah-tengah keluarga. Untuk memiliki bayi yang sehat, Anda harus menjalani kehamilan yang sehat pula. Nah, kondisi kehamilan seperti itu hanya akan bisa didapatkan jika Anda mempersiapkannya dengan baik.

 

Dr. Rully Ayu Nirmalasari, SpOG dari Bamed Healtcare menyatakan bahwa kehamilan yang sehat harus mengedepankan bibit, bebet dan bobot. Bibit adalah segala hal yang berasal dari keluarga, faktor genetik, dan apakah ada riwayat penyakit. Bebet adalah penyakit karena lingkungan, sedangkan bobot adalah kualitas kesehatan anak kelak yang harus disiapkan  sejak janin.



Sebagai persiapan, Anda harus memerhatikan 7 hal berikut:


1) Calon ibu harus memeriksakan kesehatan secara teratur sebelum hamil, termasuk pengobatan penyakit sampai dinyatakan sembuh dan diperbolehkan hamil oleh dokter dan dalam pengawasan.

2) Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh dengan olahraga teratur. Turunkan berada badan bila Anda ternyata obesitas atau kegemukan. Juga, upayakan menambah berat badan jika terlalu kurus.

3) Hentikan kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, gaya hidup yang buruk, seks bebas dan mengonsumsi obat terlarang.



4) Tingkatkan asupan makanan bergizi yang mengandung protein, vitamin E, vitamin C, asam folat, zat besi, kalsium dan sebagainya.

5) Persiapan psikologis dan mental agar kehamilan yang dijalani tidak menimbulkan ketegangan. Hindari pula hal-hal buruk yang bisa memengaruhi keseimbangan hormonal.

6) Rencanakan finasial dengan matang agar Anda lebih siap menghadapi kehamilan dan persalinan nantinya.

7) Berkonsultasi dengan dokter atau bidan dan tenaga kesehatan lainnya apabila Anda menemui kendala ketika mempersiapkan kehamilan. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Konsumsi 4 Makanan Ini agar Bumil Bisa Tidur Nyenyak

Inilah 3 Tanda Persalinan Sudah Dekat!

4 Persiapan Babymoon yang Penting Anda Cermati!

OTHER ARTICLES

Awas Nyamuk Ganas! Ini 10 Fakta Japanese Encephalitis

Kenapa Area Puting Menghitam saat Hamil? Ini Jawabannya

Ini yang Diperiksa Dokter pada Bayi di Tahun Pertama

Mengenal Urtikaria, Penyakit Biduran pada Anak

Menu Sehat dan Praktis untuk Sahur