Mother&Baby Indonesia
8 Cara Membentuk Kecerdasan Anak Sejak dalam Kandungan

8 Cara Membentuk Kecerdasan Anak Sejak dalam Kandungan

Moms, Anda pasti ingin calon bayi di dalam rahim kelak tumbuh jadi anak cerdas bukan? Kabar baiknya, kecerdasan itu bisa dibentuk lho. Bukan hanya setelah bayi lahir, tapi semenjak masih dalam kandungan.

 



Otak sebagai pusat kecerdasan memang terbentuk pertama kali sejak bayi masih di dalam perut ibunya. Nah, supaya otak berkembang maksimal, Moms perlu mendukungnya. Selain dengan cara mengonsumsi asupan yang benar dan menjaga emosi tetap stabil, yang tak kalah penting yaitu menstimulasi otak janin.

 

Nah, stimulasi tersebut sudah bisa diberikan sejak kehamilan trimester pertama. Berikut adalah beberapa cara stimulasi yang bisa dipraktekkan di rumah:


1. Kebiasaan storytime
Penting kita tahu Moms, dasar bahasa dimulai dalam rahim. Pada trimester III kehamilan, calon bayi sudah dapat menghafal suara dan mendengar. Oleh karena itu, Anda dianjurkan membacakan cerita berulang kali kepada sang calon bayi bahkan sebelum ia lahir ke dunia.


2. Selalu aktif
Berolahraga selama hamil dapat melepas hormon yang melewati plasenta dan membuat janin memiliki perasaan yang baik selama 8 jam. Sebuah penelitian terbaru juga menunjukkan olahraga selama kehamilan dapat meningkatkan neuron dalam hippocampus janin lho!


3. Berjemur di sinar mentari pagi
Matahari pagi adalah sumber vitamin D yang sangat penting. Selama hamil, Anda hanya perlu meluangkan waktu 20 menit untuk tubuh menyerap sinar matahari. Ini penting bagi bayi untuk membentuk tulang dan hati yang kuat.


4. Lakukan pijatan lembut di perut
Pada minggu ke-20 bayi sudah dapat merasakan belaian ibunya di perut. Belaian ini bermanfaat untuk menenangkan syarafnya. Bahkan bayi dapat membedakan sentuhan ayah atau ibu lho.


5. Ajak janin berbicara
Bayi dapat mendengar saat kehamilan berusia 16 minggu dan pada minggu 27. Semua syaraf yang menghubungkan telinga dan otak telah terbentuk sempurna.


6. Asupan makanan dan minuman bervariasi
Selera makan bayi berkembang saat kehamilan 12 minggu. Pada kehamilan 25 minggu, ia akan menyerap sekitar 2 liter air ketuban dalam sehari. Nah, air ketuban memiliki rasa makanan yang Anda konsumsi.




7. Mendengarkan musik
Ternyata selera bayi terhadap musik dapat dibentuk selama hamil lho. Bayi yang mendengar musik sebelum lahir akan memicu produksi serotonin yang bisa menenangkan bayi. Setelah lahir, lanjutkan terus memperdengarkannya musik, ya!


8. Bernyanyi
Anda dapat membantu selera irama bayi Anda dengan menyanyikannya lagu atau bisa juga berupa sajak yang berirama. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)

BACA JUGA:

Kecerdasan Anak Diturunkan dari Ibu

Benarkah Anak dengan Bentuk Kepala Besar Lebih Cerdas

Ciri Anak Cerdas Emosi

 

 



Tags: kehamilan,   janin,   otak,   perkembangan,   stimulasi,   bayi,   ibu,   anak,   neuron,   sel