Mother&Baby Indonesia
Konsumsi Asam Folat Saat Hamil Akan Tingkatkan IQ Anak

Konsumsi Asam Folat Saat Hamil Akan Tingkatkan IQ Anak

Moms, pada masa kehamilan, kondisi kesehatan Anda penting sekali untuk diperhatikan. Di antaranya, menjaga asupan makanan yang bergizi dan menyehatkan serta mengonsumsi vitamin yang disarankan oleh tenaga medis.

Nah, dokter spesialis kebidanan dan kandungan ataupun bidan, biasanya memberikan beberapa vitamin pada ibu hamil untuk dikonsumsi dan asam folat. Khusus mengenai asam folat, ternyata kegunaannya juga dapat dipetik dalam jangka panjang.

Pada konferensi tahunan British Psychological Society di Brighton, Dr. Tony Cassidy mengatakan, anak-anak yang ibunya mengonsumsi suplemen tersebut (asam folat), secara keseluruhan memiliki tingkat kecerdasan emosional dan ketahanan yang lebih tinggi serta kosa kata yang lebih banyak.



"Kami juga melihat manfaat terhadap kecerdasan emosional dan ketahanan tubuh anak. Kami menemukan manfaat yang signifikan bagi anak-anak yang ibunya mengonsumsi asam folat,” ujar Dr. Tony Cassidy, seperti dikutip melalui dailymail.co.uk.

Ia memperkirakan, bila uji coba lebih lanjut dilanjutkan dan kesimpulannya menunjukkan hasil yang sama, maka semua ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat pada 12 minggu pertama usia kehamilan mereka.


"Kami menemukan adanya manfaat positif bagi anak-anak yang ibunya mengonsumsi asam folat yaitu peningkatan IQ, kemampuan verbal dan penalaran dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak mengonsumsi asam folat," paparnya. (Seva/HH/Dok. M&B UK)



BACA JUGA:

Buah Kaya Asam Folat

Cegah Pre-Eklampsia dengan Asam Folat

Selain Asam Folat, Vitamin D juga Penting untuk Ibu Hamil



Tags: asam_folat,   kehamilan,   hamil,   bayi,   anak