Mother&Baby Indonesia
7 Cara Ampuh Mengurangi Nyeri Punggung saat Hamil

7 Cara Ampuh Mengurangi Nyeri Punggung saat Hamil

Nyeri di bagian punggung sangat rentan dialami ibu hamil akibat tulang belakang yang menyangga berat janin. Selain itu, perubahan cara berdiri dan berjalan saat hamil juga membuat kebanyakan ibu merasakan kondisi ini. Postur tubuh yang salah saat duduk juga menjadi penyebabnya. Nyeri punggung yang dialami dalam jangka panjang tentu saja mengganggu aktivitas sehari-hari. Bagaimana cara mengatasinya ya Moms? Begini kiat-kiatnya:

1) Dengarkan musik
Ungkapan musik adalah obat, berlaku juga bagi orang yang menderita nyeri punggung. Mendengarkan musik bisa mengurangi nyeri yang Anda alami. Menurut sebuah riset di Amerika Serikat, mendengar musik selama satu jam setiap hari bisa mereduksi 21% rasa nyeri. Musik diyakini bisa merangsang otak menghasilkan endorfin yang berfungsi untuk menenangkan tubuh.

 



2) Duduk tegak namun santai
Lebih dari 1/3 waktu dihabiskan untuk duduk. Duduk dengan posisi yang salah bisa menyebabkan nyeri punggung. Duduklah tegak namun tetap santai dan hindari posisi duduk terlalu tegak dan kaku karena posisi ini memaksa otot untuk bekerja dan membuat pinggang harus menahan beban berat. Semakin baik jika Anda mengurangi waktu duduk dan perbanyak aktivitas.

 

3) Berolahraga ringan
Banyak pasien nyeri punggung yang terselamatkan karena melakukan olahraga ringan, misalnya berenang. Dengan berolahraga dapat memperkuat otot dan berenang adalah olahraga yang ideal karena bisa mengurangi beban di punggung dan memperkuat otot.

 

4) Akupuntur
Ilmuwan di AS menemukan jika penderita nyeri punggung yang rutin melakukan akupuntur, setidaknya dua kali dalam seminggu, kondisinya lebih baik 15% dibanding orang yang menjalani pengobatan standar. Jarum yang ditusukkan di titik-titik tertentu pada tubuh diyakini bisa memperlancar aliran darah dan merangsang penyembuhan internal. Perubahan bisa diamati setelah 4-5 kali perawatan.

 

5) Pilates
Fisioterapi dari Universitas Queensland menemukan jika pilates efektif mengurangi rasa nyeri punggung. Pilates diyakini bisa membantu membentuk silinder pendukung pada otot tulang belakang. Namun pilates bukanlah tahap pengobatan pertama untuk nyeri punggung, hanya membantu meredakan rasa nyeri.

 



6) Yoga
Sejumlah penderita nyeri punggung berpendapat jika yoga adalah latihan yang cukup efektif meringankan rasa nyeri. Gerakan yoga yang lambat dan terkontrol bisa membantu meregangkan otot.

 

7) Tidur di kasur empuk
Bahan kasur menjadi salah satu yang diyakini bisa menyebabkan nyeri punggung. Menurut ahli ortopedi dari Jurnal Kesehatan Lancet, kasur dengan permukaan lembut atau empuk adalah jawaban bagi penderita nyeri punggung. Tidur di kasur empuk mengurangi tekanan pada bahu dan pinggul serta memungkinkan tidur lebih nyenyak.
 

Semoga hal-hal di atas bisa membantu mengurangi nyeri yang Anda rasakan Moms. Semangat! (Meiskhe/HH/dok.Freepik)

BACA JUGA:

Posisi Duduk dan Berdiri yang Benar saat Hamil

Sakit Lelah dan Pegal Boleh Pijat Saat Hamil?

Perubahan Payudara saat Hamil



Tags: kehamilan,   nyesi,   sakit,   posisi,   punggung,   panggul. pinggul,   latihan. yoga. senam,   olahraga. tips










Cover Mei-Juni-Juli 2020