Mother&Baby Indonesia
4 Makanan Ini Penting untuk Mencegah Anemia Saat Hamil

4 Makanan Ini Penting untuk Mencegah Anemia Saat Hamil

Moms, saat hamil Anda dianjurkan memperbanyak asupan mengonsumsi yang kaya akan zat besi. Mengapa? karena untuk menghindari Anda mengalami kurang darah atau dikenal sebagai anemia. Anemia akan menyebabkan aliran darah tidak lancar dan bisa berdampak tidak baik bagi perkembangan janin di perut Anda.

 

Gejala kekurangan darah yang bisa dirasakan di antaranya, sering mengalami pusing, mata berkunang-kunang, mudah lemas dan pucat. Nah, untuk menghindarinya, yuk sering konsumsi 4 makanan berikut ini:



 

1) Sayuran hijau. Sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam, brokoli dan sawi mengandung zat besi yang tinggi sehingga dapat menambah darah lho, Moms. Jangan lupa untuk selalu menyediakan jenis sayuran ini di atas meja makan ya.



2) Daging. Ternyata mengonsumsi daging dapat meningkatkan kadar hemoglobin dan kaya akan zat besi. Namun Anda perlu hati-hati, hindari mengonsumsi daging dalam porsi yang besar karena dapat memicu serangan jantung. Sebaiknya konsumsi daging rendah lemak dengan menu diet seimbang.

 

3) Kacang almond. Dengan mengonsumsi kacang almond sebanyak 1 ons per harinya dapat menyumbang 6% zat besi untuk tubuh.

 

4) Jamur tiram. Jamur tiram mengandung banyak gizi seperti kalori, fosfor, vitamin B2, vitamin B1, vitamin C dan asam folat yang ampuh untuk menyembuhkan Anda dari anemia.



Nah, jangan lupa ya Moms untuk selalu mengonsumsi makanan kaya zat besi. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)

BACA JUGA:

Mitos Larangan Makan Saat Hamil

Nutrisi Ibu Hamil Pembentuk Otak Janin

Ibu Hamil Perlu Mengonsumsi 7 Makanan Ini

 

 



Tags: kehamilan,   nutrisi,   zat_besi,   darah,   anemia,   sayuran,   bayam,   kangkung,   daging,   superfood,   jamur








Cover Januari - Februari 2020