Mother&Baby Indonesia
4 Cara Tepat Mengatasi Sembelit saat Hamil

4 Cara Tepat Mengatasi Sembelit saat Hamil

Moms, selama kehamilan, Anda akan mengalami berbagai perubahan pada tubuh serta kendala-kendala yang khas. Salah satunya adalah sembelit.


Ya, ibu hamil seringkali mengalami sembelit akibat perubahan hormon selama kehamilan. Sembelit memang tidaklah berbahaya, tetapi bisa membuat Anda merasa tidak nyaman. Pencernaan yang tidak lancar akan membuat perut terasa begah. Alhasil, kendala ini dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.




Nah, apabila Moms kerap mengalami sembelit, tak usah khawatir. Yuk, atasi masalah sembelit saat hamil dengan langkah-langkah berikut!

1. Banyak minum air

Jika biasanya Anda minum paling banyak 8 gelas sehari, maka ketika hamil tambahkan kuantitasnya menjadi 10-13 gelas. Bumil pada dasarnya membutuhkan lebih banyak asupan cairan. Nah, cairan yang masuk ke dalam tubuh bisa membantu mengatasi sembelit. Selain air putih, Anda juga dianjurkan minum jus buah alami, sop dan sebagainya.


2. Konsumsi makanan tinggi serat

Nutrisi berupa serat dapat mencegah Anda mengalami sembelit. Oleh karena itu, selama hamil perbanyaklah konsumsi serat yang bersumber dari sayuran dan buah-buahan. Sebaiknya Anda mengonsumsi sayur dan buah yang kaya serat dan mengandung banyak air sekaligus ya, Moms.


3. Banyak bergerak

Melakukan aktivitas menyehatkan juga bisa membantu. Lakukanlah latihan-latihan ringan seperti berjalan kaki, berenang, berjalan di treadmill dan lain-lain. Latihan-latihan seperti ini juga bermanfaat untuk menjaga kehamilan agar berjalan lancar serta menguatkan fisik untuk hadapi persalinan nantinya.


4. Konsumsi obat sembelit yang dianjurkan



Jika ternyata sembelit semakin parah dan tidak kunjung sembuh, sebaiknya Moms segera ke dokter ya. Biasanya dokter akan meresepkan obat yang aman dikonsumsi selama hamil.

Nah, semoga tips ini membantu Anda ya, Moms. Good luck! (Meiskhe/HH/dok.Freepik)

BACA JUGA:

Solusi Malas Berhubungan Intim Saat Hamil

Masalah Kulit saat Hamil

Atasi Keluhan Kehamilan dengan Makanan Ini

 


 



Tags: kehamilan,   ibu,   sakit,   sehat,   sembelit,   kesulitan,   bab,   lancar,   serat,   sayur,   buah,   makanan










Cover Mei-Juni-Juli 2020