Mother&Baby Indonesia
Kiat Memberi MPASI yang Benar dan Tepat untuk Bayi

Kiat Memberi MPASI yang Benar dan Tepat untuk Bayi

Dijawab oleh dr. Jeanne-Roos Tikoalu, Sp.A, IBCLC dari RS Pondok Indah dan RS Puri Indah.


T: Dok, Si Kecil suka muntah kalau mengonsumsi makanan bertekstur kasar. Bagaimana agar ia bisa berlatih mengonsumsi makanan bertekstur kasar? Bagaimana pula tahapan dan pola makan yang benar untuk anak berusia 9 bulan?

 



J: MPASI (Makanan Pendamping ASI) diharapkan sudah bertekstur lebih padat (lembek) saat bayi berusia 9 bulan, dibanding saat berusia 6 hingga sebelum 9 bulan. Seringkali masa peralihan ini membutuhkan waktu 1 hingga 2 bulan. Anda dapat mencampurkan makanan bertekstur padat dan lumat terlebih dahulu, untuk menyiasati masa peralihan tersebut. Caranya  adalah  dengan  melumatkan ¾ bagian dari makanan bertekstur padat yang sudah dibuat dan membiarkan ¼ bagiannya tetap bertekstur padat. Kurangi porsinya menjadi ½ dan seterusnya, jika setelah 1 sampai 2 minggu bayi terlihat menyukai dan sudah mampu mengonsumsinya.

 

Kemudian, jadwalkan waktu makan sebanyak 3 kali makan besar dan 2 kali makan selingan setiap hari sejak usia 6 bulan. Jumlahnya dapat dinaikkan bertahap, tergantung dari keinginan dan kebutuhan bayi. Air putih sudah harus diberikan saat mulai MPASI di usia 6 bulan, untuk membantu pencernaan dan membersihkan mulut bayi. Berikan air minum sedikit demi sedikit, paling tidak 50 - 100 ml. (ClaudiaCarla/Meiskhe/dok.M&B UK)

BACA JUGA:

Awas MPASI Rumahan Cenderung Lebih Berlemak



7 Pertanyaan Penting Seputar MPASI

6 Peralatan Wajib untuk Persiapan MPASI Si Kecil

 

 


 


 



Tags: bayi,   mpasi,   makanan,   padat,   kasar,   lembek,   usia,   air,   asi