Mother&Baby Indonesia
Bolehkah Ibu dengan Hipertensi Hamil Lagi?

Bolehkah Ibu dengan Hipertensi Hamil Lagi?

Dijawab oleh dr. Ardiansjah Dara, SpOG, spesialis obgyn dari MRCC Siloam Hopital, Jakarta.

 

T: Saya sedang mempertimbangkan untuk menambah anak namun khawatir karena saya menderita hipertensi. Apakah tidak masalah bagi penderita hipertensi untuk hamil lagi? Bagaimana agar bisa menjalani kehamilan dengan baik?



 



J: Risiko hipertensi selama kehamilan dan preeklampsia memang ada namun dapat dimanimalisasi dengan persiapan yang baik. Bumil dengan riwayat hipertensi membutuhkan pemantauan  untuk menjamin kesehatan ibu dan janin. Ibu harus berkonsultasi secara rutin untuk diperiksa tekanan darah dan beberapa pemeriksaan laboratorium lainnya. Biasanya pada kehamilan trimester pertama tekanan darah sama dengan sebelum hamil, trimester kedua cenderung turun dan pada trimester ketiga tekanan darah kembali naik. Anda dapat mengonsumsi obat pengendali tekanan darah secara teratur agar supaya kehamilan Anda tidak memperburuk hipertensi. Selain itu perbanyak konsumsi makanan kaya antioksidan dan mengurangi asupan berasa asin atau bergaram tinggi sejak awal kehamilan. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: kehamilan,   hipertensi,   tekanan,   darah,   tinggi,   ibu,   garam,   penyakit,   tips,   ahli,   dokter,   kandungan










Cover Mei-Juni-Juli 2020