Mother&Baby Indonesia
Inilah 8 Manfaat Seks yang Perlu Anda Ketahui

Inilah 8 Manfaat Seks yang Perlu Anda Ketahui

Moms, jangan sepelekan hubungan seks dengan suami ya! Meski direpotkan dengan mengurus Si Kecil, bukan berarti Anda mengabaikan waktu untuk melakukan hubungan suami-istri. Ternyata selain menyenangkan dan memberikan keturunan, aktivitas seks juga erat kaitannya dengan kesehatan lho, Moms. Ingin tahu apa saja manfaatnya itu? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

 

1) Membakar kalori. Sudah jelas kalau berhubungan seks dapat menguatkan otot, meningkatkan denyut jantung dan membuat seluruh bagian tubuh bergerak. Menurut sebuah studi, pria membakar sekitar 101 kalori dan wanita 69 kalori untuk 1 sesi (sekitar 25 menit) hubungan seks yang dilakukan.

 

2) Membantu untuk tidur. Setelah orgasme tubuh memproduksi hormon relaksasi yang disebut prolaktin. Jika mencapai orgasme, Anda akan lebih mudah tidur setelahnya.

 

3) Menurunkan tekanan darah dan meredakan stres. Sebuah studi di Skotlandia pada 2005 memperlihatkan manfaat dari seks rutin yaitu kontrol tekanan darah menjadi lebih baik dan efektif meredakan stres.

 

4) Menguatkan jantung. Sebuah penelitian di Inggris menguak jika pria yang melakukan seks secara rutin 2 kali seminggu bisa kemungkinan terserang penyakit jantung lebih kecil. Seks membantu mengatur hormon seperti estrogen dan testosteron yang berdampak pada semua jenis sistem tubuh, termasuk jantung.

 

5) Memproteksi dari kanker. Beberapa penelitian menunjukkan jika pria yang sering ejakulasi, kemungkinan terkena kanker prostat lebih kecil.

 

6) Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian di Wilkes University menemukan jika pria yang melakukan hubungan seks 1 atau 2 kali dalam seminggu memiliki kadar imunoglobulin A (IgA) lebih tinggi 30% daripada mereka yang tidak. IgA merupakan antibodi yang melawan virus.

 

7) Meminimilisir rasa sakit. Endorfin si hormon bahagia dilepaskan saat orgasme dan dengan meningkatnya aliran darah ke daerah genital saat berhubungan seks, kemungkinan memainkan peran dalam menghilangkan rasa sakit.

 

8) Memperpanjang waktu hidup. Sebuah studi dari Duke University pada 1955 menemukan jika orang yang memiliki kehidupan seks sehat bisa hidup lebih lama. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: seks,   pernikahan,   suami,   istri,   kesehatan,   tubuh,   stres,   kalori,   tidur,   orgasme,   rileks,   hormon








Cover Maret 2020