Mother&Baby Indonesia
4 Cara Mengatasi Postpartum Depression

4 Cara Mengatasi Postpartum Depression

Moms, setelah melahirkan, ada  persoalan yang sering dialami para ibu baru. Ya, sebenarnya 80 persen ibu baru memiliki perubahan mood yang parah yang dikenal dengan istilah baby blues. Lalu, 10 persen menderita Postpartum Depression atau depresi pascamelahirkan di tahun pertama usai melahirkan.

Banyak kejadian yang tanpa disadari, ternyata Anda mengalami postpartum depression, seperti mood mudah berubah, mudah tersinggung dan lain-lain. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut 4 tips mengatasi postpartum depression:



 

1. Anda Tidak Sendiri
Menurut American Psychological Association, 1 dari 7 wanita mengalami beberapa bentuk gangguan mood postpartum. Perubahan mood, merasa sering gelisah, mudah marah dan beberapa hal negatif lainnya bisa Anda rasakan pasca melahirkan. Namun ketahuilah bahwa Anda tidak sendiri untuk merawat bayi. Ajak pasangan untuk turut terlibat di tengah kesibukan Anda mengurus bayi. Mengganti popok, menyiapkan peralatan mandi Si Kecil, atau sekedar menemani Anda begadang saat Si Kecil bangun tengah malam.

 

2. Support Orang Terdekat
Banyak hal yang harus Anda lakukan. Minta bantuan dari orang terdekat misal, mintalah suami untuk mencari asisten rumah tangga agar pekerjaan rumah dapat selesai tanpa Anda merasa lelah yang berlebihan. Pada awal setelah melahirkan, Anda juga dapat meminta bantuan ibu ataupun mertua untuk membantu merawat bayi yang baru saja dilahirkan.



 

3. Berbagi
Bila Anda merasa seperti 'bukan orang yang dulu lagi', cobalah untuk berbicara kepada orang terdekat. Berbagi cerita tentang apa yang Anda alami saat itu, dapat mengurangi beban yang Anda rasakan. Rasa stres, takut tidak bisa memberikan yang terbaik untuk bayi, depresi karena ASI tidak kunjung keluar dan berbagai permasalahan lainnya dapat Anda ceritakan kepada orang terdekat. Akan lebih baik bila Anda meminta bantuan psikolog bila merasa putus asa dan bahkan merasa ingin bunuh diri.

 

4. Meditasi
“Ibu baru yang menghabiskan setidaknya 15 menit setiap hari untuk bersantai seperti,  dengan latihan pernapasan, bermeditasi, atau berendam di bak mandi dapat mengatasi tekanan  yang dirasakan,” ujar Diane Sanford, Ph.D. , Penulis Postpartum Survival Guide. (Seva/HH/Dok. freepik)



Tags: postpartum depression,   pasca melahirkan,   melahirkan,   bayi,   bunuh diri










Cover April 2020