Mother&Baby Indonesia
Mempersiapkan Pengeluaran Menjelang Mudik Lebaran

Mempersiapkan Pengeluaran Menjelang Mudik Lebaran

Sebelum Lebaran tiba, sebaiknya Anda menyiapkan beberapa dana yang harus Anda keluarkan sejak beberapa minggu lalu. Pasalnya, biaya yang harus dikeluarkan tidak sedikit, lho!

 

Meningkatnya konsumsi bahan makanan menjelang lebaran, hingga meningkatnya harga beberapa transportasi untuk mudik dapat membuat pengeluaran membengkak. Jangan sampai, Anda menghabiskan gaji selama sebulan dan THR yang diberikan kantor hanya dalam waktu sepekan. Berikut beberapa tips menghemat pengeluaran selama lebaran.



 

a. Tiket Mudik
Beberapa tiket menjelang hari raya memang memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan biasanya. Bila Anda memilih untuk naik pesawat, pesanlah beberapa minggu sebelum keberangkatan. Ide ini dilakukan, agar harga tidak semakin naik mendekati hari-H. Jika Anda menggunakan mobil, siapkan beberapa pengeluaran seperti, biaya cek mobil sebelum keberangkatan, biaya bensin selama perjalanan, ditempat mudik hingga bensin saat pulang mudik, menyiapkan dana konsumsi selama perjalanan misal makanan dan minuman selama perjalanan. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mempersiapkan pengeluaran untuk penginapan ya, Moms!

 

b. Pakaian Baru
Memiliki pakaian baru sudah menjadi tradisi saat lebaran. Anda dapat menghemat pengeluaran dengan memakai baju lebaran tahun sebelumnya. Atau, Anda memanfaatkan beberapa potongan harga atau midnight sale yang biasa diadakan oleh beberapa mall di sekitar Anda.



 

c. Dana Darurat
Salah satu hal yang paling penting yang harus Anda siapkan untuk mudik lebaran adalah dana darurat. Siapkanlah dana darurat ini dalam bentuk tunai, agar Anda lebih mudah menggunakannya dan tidak perlu mencari ATM untuk mengambil uang. Dana ini dapat digunakan untuk berjaga-jaga misal mobil mogok, atau pesawat delay yang telalu lama dan keperluan lainnya.

 

d. Paska Mudik
Lebaran rata-rata berlangsung paling lama sepekan, selebihnya hidup akan berjalan normal seperti biasa. Tidak jarang Anda menghabiskan dana yang berlebih dalam sepekan tersebut, jangan sampai Anda benar-benar menghabiskan semua dana tersebut. Pastikan Anda menyiapkan dana paska lebaran yang tidak kalah pentingnya. Untuk itu, menyiapkan pengeluaran mudik, lebaran hingga paska lebaran sangat penting dan seharusnya dapat Anda siapkan beberapa minggu sebelum hari-H. (Seva/Meiskhe/Dok. freepik)



Tags: dana,   keuangan,   lebaran,