Mother&Baby Indonesia
4 Cara Efektif Kurangi Stres bagi Ibu Baru Melahirkan

4 Cara Efektif Kurangi Stres bagi Ibu Baru Melahirkan

Stres bisa dialami siapa saja. Bahkan, ibu yang baru melahirkan juga rentan mengalami stres. Kenapa? karena ia akan mengalami perubahan pola hidup. Sebelum melahirkan bayi, boleh dibilang ia hanya mengurus suami. Akan tetapi, tugasnya jadi bertambah setelah kehadiran sesosok makhluk mungil.


Menurut penelitian dari University of California, Amerika Serikat, ternyata jika ibu mengalami stres, bayi akan menangkap emosi ibu sehingga merasa tidak tenang. Makanya, bayi biasanya akan rewel ketika Anda tengah uring-uringan.




Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, yuk redakan stres dengan mencoba beberapa cara yang dijamin efektif. Apa saja?


1. Meditasi secara teratur

Gagasan ini didasarkan bahwa tubuh mengikuti pikiran. Jika Anda mengatur pikiran dengan baik, niscaya perasaan tenang akan meningkat. Beberapa ahli meyakini bahwa meditasi setiap hari ternyata efektif mengurangi kecemasan dengan level ringan.


2. Lakukan setiap hari
Melakukan berbagai aktivitas atau kondisi yang sangat sibuk setiap hari dapat membuat Anda lebih mudah panik. Hal ini justru dapat merangsang hormon kortisol yang menjadi pemicu stres. Nah, Anda bisa menenangkan diri dengan cara bermeditasi saat Si Kecil sedang tidur. Ketika Si jabang bayi terbangun, Anda sudah lebih tenang untuk menjalani rutinitas sehari-hari.


3. Nikmati waktu sendiri
Setelah bayi tertidur di malam hari, Anda perlu waktu sejenak untuk menenangkan diri sebelum mengambil waktu istirahat. Cara menikmati waktu tersebut bisa dilakukan dengan duduk di kursi sesaat dan melihat ke sekeliling. Manfaat semua indera untuk mengidentifikasi hal-hal yang ada di dalam ruangan tersebut. Jika sedang sakit kepala, cobalah tutup mata dan fokus pada sensasi dominan yang dirasakan oleh tubuh.


4. Jika terlanjur stres
Apabila Anda sudah terlanjur stres, coba tenangkan diri dengan mengambil napas dalam-dalam. Kemudian, hitung dari 1 sampai 5, tahan dan embuskan secara perlahan. Perhatikan bagian dada yang naik saat menarik napas dan udara keluar lewat mulut.



Semoga cara ini efektif mengurangi stres yang Anda rasakan. Semangat terus, Moms!(Meiskhe/HH/dok.Freepik)

BACA JUGA:

Riset: Buah dan Sayur Obat Stres Ampuh

Kelamaan di Daycare Membuat Anak Lebih Stres

10 Rahasia Persalinan Tanpa Stres

 



Tags: ibu,   baru,   stres,   tips,   panik,   cemas,   tenang,   tubuh,   hormon,   kortisol










Cover Mei-Juni-Juli 2020