Mother&Baby Indonesia
Usai Masa Nifas, Kenapa Tak Kunjung Menstruasi?

Usai Masa Nifas, Kenapa Tak Kunjung Menstruasi?

Dijawab oleh dr. Ardiansjah Dara, Sp.OG, spesialis obgyn di MRCC Siloam Hospital Semanggi, Jakarta.

 

T: Dok, saya baru melahirkan 5 bulan yang lalu. Tetapi selesai masa nifas hingga sekarang, saya belum menstruasi kembali. Saya sudah melakukan tes, tetapi tidak ada tanda hamil. Kira-kira apa penyebabnya ya, Dok?



 

J: Anda tidak perlu khawatir bila menstruasi belum kunjung datang usai melahirkan karena hal itu normal terjadi. Biasanya seusai masa nifas, hormon Anda belum kembali normal. Apabila Anda memberikan ASI atau menyusui, terkadang untuk kembali menstruasi akan memerlukan waktu yang lebih lama. Bahkan, ada yang menunggu hingga 1 tahun.

Hal tersebut terjadi karena kadar hormon prolaktin yang tinggi akan menekan aktivitas indung telur dalam mengurangi kepekaan ovarium terhadap hormon pengatur kesuburan, menghambat pematangan folikel, dan menekan pengeluaran hormon kesuburan dari hipofisis (otak), hingga akhirnya tak pernah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur yang telah matang).

Nah, dengan tidak terjadinya ovulasi, menstruasi pun jadi datang lambat, sehingga ibu menyusui tidak mendapatkan menstruasi. Jadi, menstruasi tergantung dari variasi biologis dan intensitas menyusui masing-masing individu.



BACA JUGA:

Ini yang Terjadi pada Vagina Pasca Melahirkan

Perawatan Tubuh di Masa Nifas

Haid Dua Kali Dalam Sebulan


 



Tags: ibu,   melahirkan,   masa_nifas,   darah,   menstruasi,   normal,   hormon,   waktu,   penyakit








Related Article