Mother&Baby Indonesia
Makan Ikan Menyebabkan Cacingan pada Anak?

Makan Ikan Menyebabkan Cacingan pada Anak?

Dijawab oleh: dr. Aslinar Yafa, Sp.A, M.Biomed, RS Aceh Besar, Breastfeeding Counselor & Ketua Aceh Peduli ASI (APA)

 



T:“Dok, anak saya 11 bulan. Saat ini saya beri nasi tim tambah sayur. Misalnya, brokoli, wortel atau bayam. Namun, neneknya melarang Si Kecil diberi makan ikan karena khawatir nanti cacingan.”

 

J: Masih banyak mitos yang berkembang di masyarakat dan masih sangat dipercaya. Ini realita yang terjadi di masyarakat kita. Begitu masuk usia 6 bulan, ASI tak lagi mencukupi sampai 100 persen kebutuhan bayi. Akan tetapi, banyak ibu yang tidak diberikan MP ASI yang baik dan benar pada Si Kecil.

 

MP ASI sebaiknya diberikan sejak usia 6 bulan dengan komposisi gizi seimbang, yaitu mengandung karbohidrat, protein (nabati dan hewani), lemak, dan vitamin. Hanya saja dengan tekstur yang berbeda.



 

Pada usia 6 bulan di minggu pertama diawali dengan perkenalan dengan 1 atau 2 macam jenis makanan saja diberikan 1 kali sehari. Saat masuk minggu kedua dan seterusnya, Si Kecil sudah diberikan dengan komposisi lengkap 2-3 kali sehari dimulai dengan 2-3 sendok per kali makan dan dinaikkan bertahap.

 

Di usia 9 bulan, Si Kecil diberikan MP ASI dengan komposisi sama tapi tekstur berubah menjadi nasi lembek. Usia 1 tahun dengan makanan keluarga tetap komposisi gizi seimbang yang sama. Jangan lupa, ASI tetap lanjut sampai usia anak 2 tahun. (Hilman/dok. freepik)

 



Tags: ikan,   cacingan,   makan,   mpasi,   gizi,   nutrisi










Cover Mei-Juni-Juli 2020