Mother&Baby Indonesia
Hati-hati Berikan Jus Buah kepada Anak, Ini Aturannya!

Hati-hati Berikan Jus Buah kepada Anak, Ini Aturannya!

Moms, jika Si Kecil melihat Anda sedang minum jus dan ia ingin ikut meminumnya juga, maka jangan langsung membuatkannya. Karena ternyata, jus adalah minuman yang tidak disarankan dikonsumsi oleh anak-anak, terutama jika usianya di bawah usia 1 tahun.

 

Jus tidak hanya menimbulkan masalah kesehatan karena kandungan gula di dalamnya, namun juga erat kaitannya dengan obesitas. Selain itu, dengan konsumsi jus yang berlebihan berisiko membuat anak mengalami diare kronis, gas, kembung, sakit perut.



Lalu bagimana sebaiknya aturan minum jus bagi anak yang wajib diterapkan orangtua? Berikut anjuran American Academy of Pediatrics (AAP).

 

1) Untuk bayi berusia di bawah 1 tahun, tidak perlu diberikan minum jus, kecuali dokter menyarankan untuk mengobati sembelit.

 



2) Untuk balita usia 1 sampai 3 tahun, berikan jus sekitar 120 ml. Sajikan lewat gelas dan jangan dengan dot karena dapat membuat anak mengalami gigi berlubang akibat kandungan gula di dalamnya.

 

3) Untuk Si Kecil usia 4 sampai 5 tahun, sebaiknya berikan jus 120 ml hingga 180 ml saja. Tapi, orangtua lebih dianjurkan untuk memberikan anak buah utuh.

Nah, itu dia aturan minum jus bagi anak-anak. Dipraktekkan ya, Moms! (Meiskhe/dok.Cosmopolitan)



Tags: balita,   bayi,   jus,   cairan,   buah,   gula,   aturan,   tips,   obesitas,   diare,   penyakit,   waspada








Cover Januari - Februari 2020