Home - Kesehatan - Kesehatan / 18 Mei 2017 / Redaksi

Cara Tepat Atasi Alergi pada Anak

Alergi bisa berasal dari faktor genetik, yakni dari keluarga dengan riwayat positif alergi. Lalu, bagaimana mengatasi alergi pada Si Kecil?  Alergi merupakan gangguan sistem imun yang sangat reaktif dan sensitif sehingga semuanya dianggap “musuh”, termasuk makanan. Alergi bisa berasal dari faktor genetik, yakni dari keluarga dengan riwayat positif alergi.

 

Jika kedua orangtua tidak memiliki alergi, risiko alergi yang diturunkan hanya sebesar 5—15 persen. Namun apabila kedua orangtua memiliki riwayat alergi, risiko alergi yang diturunkan sebesar 40—60 persen. Jika hanya salah satu orangtua yang memiliki alergi, risiko alergi yang diturunkan sebesar 20—40 persen.

 

Menurut DR. Dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K), selaku konsultan alergi imunologi anak, penyakit alergi yang paling banyak diderita adalah asma, rinitis alergi, alergi makanan, dermatitis atopik, serta alergi protein susu sapi. Alergi protein susu sapi ini lebih banyak terjadi pada anak-anak, terutama pada anak yang tidak mendapatkan air susu ibu (ASI).

 

Lalu, bagaimana mengatasi alergi pada Si Kecil? DR. Dr. Zakiudin menjelaskan bahwa ada tiga langkah yang bisa dilakukan para orangtua untuk mengatasi alergi pada Si Kecil, yaitu TAU – CEGAH & ATASI – SEBAR. TAU artinya orangtua mencari informasi agar bisa mengenali gejala alergi pada Si Kecil. Salah satunya bisa ditemukan di www.cekalergi.com, yang akan membantu Moms dalam mengenali alergi secara digital.

 

Jika sudah mengetahui apa yang menjadi penyebab anak alergi, jangan diobati sendiri. Konfirmasikan terlebih dulu ke dokter agar dokter bisa memberi nasihat dan memberikan obat cadangan jika sewaktu-waktu alergi kambuh,” tambah DR. Dr. Zakiudin.

 

Setelah mengenali gejala alergi pada Si Kecil, orangtua bisa mencegah dan mengatasinya. Salah satunya dengan memberikan nutrisi khusus untuk anak alergi, seperti dalam program Morinaga Allergy Total Solution. Kemudian, sebar luaskan informasi yang tepat tentang alergi pada Si Kecil agar pencegahan dan penanganan yang tepat dapat dilakukan sedini mungkin.

 

Hal ini pula yang dilakukan Astrid Tiar terhadap putri pertamanya, Anabel (4 tahun). “Anabel adalah salah satu anak yang mengalami alergi susu sapi. Anak pertama tidak bisa menerima susu sapi, bahkan ASI ibunya pun tidak terlalu banyak. Itu adalah pengalaman yang luar biasa buat saya. Lalu, saya gali-gali informasi agar nutrisi yang diberikan Anabel itu tepat. Ternyata Morinaga-lah yang memberikan saya wawasan tentang bagaimana Si Kecil mendapatkan nutrisi yang cukup dan juga cara menangani alergi pada Si Kecil,” cerita Astrid yang merupakan Brand Ambassador Morinaga Specialties. (Risia Ruswati/HH/dok. M&B UK)

 







RELATED ARTICLE

Kenali Pencegahan dan Pengobatan Cacar Air pada Anak

Kenali Penyebab dan Gejala Cacar Air Pada Anak

Hati-Hati, Anak Bisa Terkena Hipertensi!




OTHER ARTICLES

5 Gaya Asuh Orang Tua Milenial

5 Hal yang Bisa Ditiru dari Orang Tua Skandinavia

Saat Si Kecil Sering Mengucapkan 'Tidak'

Bayi Penyanyi Ini Kejatuhan Lampu Panas di Mall!

Balita Ini Hampir Buta karena Penyakit Langka