Mother&Baby Indonesia
4 Cara Ampuh Agar Anak Tak Membuang Makanan

4 Cara Ampuh Agar Anak Tak Membuang Makanan

Wah, senang ya Moms ketika Si Kecil sudah dapat memasukkan makanan ke mulutnya sendiri. Namun, terkadang Si Kecil memainkan makanan itu dengan cara membuang atau menjatuhkan ke lantai. Apalagi bila makanan itu bukan menu favoritnya. Awalnya sih lucu ya melihat meja high chair dan lantai menjadi  kotor karena polah Si Kecil ini. Bahkan, Anda mungkin memotret momen ini dan memasukkannya ke dalam sosial media.

 

Dalam beberapa hal, aksi melemparkan makanan yang dilakukan Si Kecil adalah hasil belajar mengendalikan dan mengkoordinasikan makanan serta mengembangkan keterampilan motorik halus. Sebenarnya, pada bayi usia 6 sampai 8 bulan, makanan yang dilemparkan itu jarang karena disengaja. Sedangkan, pada bayi usia 9 sampai 12 bulan, aksi melempar makanan ini menjadi latihan mempelajari sebab dan akibat.



 

Lalu bagaimana bila Si Kecil makin sering melempar makanan tanpa sedikit pun memasukkannya ke dalam mulut? Tentu saja hal tersebut dapat membuat Anda frustasi. Nah, berikut tipsnya:

 

1. Jangan Bereaksi
Si Kecil adalah pencari perhatian yang alami. Ia akan melakukan apa saja untuk mendapatkan perhatian Anda, termasuk dengan cara membuang makanan. Untuk menghindari agar Si Kecil tidak berperilaku seperti itu, cobalah tetap tenang dan netral. Jangan bereaksi apapun ketika ia mulai membuang makanan. Biarkan ia membuang makanan tanpa ada reaksi apapun dari Anda. Lalu, katakan padanya bahwa makanan hanya untuk dimakan, bukan dibuang

 



2. Bicarakan Kepada Seluruh Keluarga
Katakan kepada pengasuh atau seluruh keluarga untuk tidak bereaksi apapun ketika Si Kecil membuang makanan.

 

3. Pastikan Si Kecil Benar-benar Lapar
Pastikan Si Kecil benar-benar membutuhkan makanan atau lapar. Karena itu, hindari memberinya camilan ataupun susu mendekati jam makan. Dengan demikian, Si Kecil akan merasa lapar dan memilih untuk memasukkan makanannya ke dalam mulut daripada membuangnya.

 

4. Jangan Mengambil Makanan yang Dibuang
Bila Si Kecil membuang makanannya dengan sengaja dan Anda mengambilkannya, ia akan mengira itu adalah suatu permainan. Alhasil, Si Kecil akan terus membuangnya dengan harapan Anda akan mengambilkannya kembali. Hentikan cara tersebut dan perhatikan saja ketika Si Kecil membuang makanan.  Anda tak harus mengambilnya kembali. (Seva/HH/Dok. M&B UK)

 



Tags: balita,   bayi,   makanan,   mpasi








Cover Januari - Februari 2020