Mother&Baby Indonesia
5 Aturan Penting Memilih Camilan untuk Anak

5 Aturan Penting Memilih Camilan untuk Anak

Moms, sama seperti orang dewasa, balita juga perlu 'menyelipkan' camilan di antara jadwal makanan utamanya. Makanan selingan ini akan memastikan kecukupan asupan kalori serta nutrisi yang dibutuhkan oleh Si Kecil. Hanya pastikan, camilannya sehat ya, Moms! Berikut adalah aturan camilan untuk balita yang perlu Anda perhatikan:


1) Harus sehat


Snack untuk Si Kecil, menurut American Academy of Pediatrics, sebaiknya makanan sehat dan seimbang. Buah segar, buah kering, sayur, produk susu dan olahannya, roti, maupun sereal, menjadi pilihan camilan sehat.



 

2) Simpel dan mudah digigit

Camilan yang diberikan kepada balita, hendaknya mudah dipegang dan dipotong agar tidak tersedak saat menyantapnya. Moms bisa memotong dalam ukuran kecil, mengiris tipis, atau memarut camilan Si Kecil.

 

3) Porsi kecil

Porsi camilan seperti dilansir dari Kidshealth, tidak perlu banyak-banyak. Untuk camilan yang diberikan antara sarapan dan makan siang, Moms bisa menyajikan 1/2 cangkir (118 ml) susu dengan 1/4 cangkir (57 gram) sereal. Di sore hari, berikan setengah pisang dengan 1/2 cangkir susu.

 



4) Hindari makanan olahan

Sebaiknya hindari makanan olahan karena nilai gizinya cenderung rendah dan tinggi garam serta gula tambahan. Selain itu, anak yang mengonsumsi makanan olahan biasanya cepat lapar.

 

5) Aneka warna

Coba tata camilan aneka warna, seperti stroberi, pisang, susu, yogurt, maupun sereal, untuk menunjukkan keindahannya sehingga menarik minat balita untuk memilih dan menyantapnnya. Moms juga bisa menceritakan asal usul makanan tersebut. (Diana/Meiskhe/HH/dok.Freepik)

 

 



Tags: balita,   camilan,   makanan,   nutrisi,   kue,   snack,   anak,   mpasi,   gizi,   sehat,   enak,   roti,   susu










Cover Mei-Juni-Juli 2020