Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 18 Mei 2017 / Redaksi

6 Kriteria Memilih Kotak Bekal untuk Anak

Wah, Si Kecil sudah masuk preschool. Selain membeli perlengkapan yang dipakainya ke sekolah, seperti tas dan sepatu, Moms juga jangan lupa menyiapkan kotak bekal untuknya. Kotak bekal penting karena untuk menyimpan camilan yang akan dimakannya di sekolah nanti.

 

Kotak bekal berkaitan dengan makanan yang masuk ke dalam tubuh, jadi Moms harus bisa memilih kotak yang tepat. Nah, ini dia yang bisa dijadikan kriteria dalam membeli kotak bekal. Apa saja?

 

1) Ukuran
Pilih kotak bekal ukuran kecil yang bisa diisi sesuai dengan porsi makan Si Kecil. Biasanya porsi makan anak lebih sedikit dibanding orang dewasa. Selain itu, karena masih preschool, waktu sekolah Si Kecil belum panjang, jadi tak perlu membawa banyak makanan.


2) Bahan
Pilih kotak dengan tulisan food grade ya, Moms! Tulisan ini menjamin kalau kotak itu aman untuk menyimpan makanan di dalamnya. Kalau memilih kotak berbahan plastik, coba pastikan bau plastik tidak menyengat.


3) Desain
Ada banyak kotak bekal yang didesain khusus untuk anak-anak, jadi pilihkan jenis itu ya, Moms. Perhatikan juga bentuk kotak, yaitu harus bisa digenggam anak, sudutnya tumpul agar tidak melukai anak dan mudah dibuka dan ditutup.


4) Warna dan gambar
Pilih kotak dengan warna dan gambar cerah karena akan memengaruhi mood anak. Kalau perlu, ajak anak saat membeli kotak bekal untuk memilih warna dan gambar favoritnya sendiri.


5) Tidak mudah tumpah
Pilih kotak bekal kedap udara agar isi di dalamnya tidak mudah tumpah, mengingat anak suka berlari-lari atau dibawa kesana-kemari.

 

6) Kelengkapan
Nah, hal terakhir adalah pilih kotak bekal yang telah dilengkapi dengan peralatan makan seperti sendok dan garpu. Dengan begitu, Si Kecil akan terbiasa menggunakan sendok dan garpu saat makan. Hal ini juga berguna untuk perkembangan motorik halusnya.

Selamat membeli kotak bekal untuk Si Buah Hati ya, Moms! (Meiskhe/HH/dok.Freepik)







RELATED ARTICLE

Perlukah Anak Minum Suplemen? Perhatikan 4 Hal Ini

Anak Anda Susah Makan? Cobalah 6 Cara Ini

6 Tips Bila Si Kecil Sering Terbangun di Malam Hari




OTHER ARTICLES

5 Gaya Asuh Orang Tua Milenial

5 Hal yang Bisa Ditiru dari Orang Tua Skandinavia

Saat Si Kecil Sering Mengucapkan 'Tidak'

Bayi Penyanyi Ini Kejatuhan Lampu Panas di Mall!

Balita Ini Hampir Buta karena Penyakit Langka