Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 18 Mei 2017 / Redaksi

Wajib Tahu! 3 Manfaat Tidur bagi Tumbuh Kembang Anak

Moms, selain pemberian nutrisi yang baik, tidur yang cukup juga jadi penentu dalam tumbuh-kembang anak lho! Jadi, usahakan kedua hal ini seimbang ya, karena beberapa ahli mengatakan kalau makan itu sama dengan tidur. Artinya, tidak hanya soal makanan saja yang diperhatikan tetapi kualitas tidur juga. Nah, apa saja manfaat tidur yang baik itu bagi anak? Yuk, simak di sini!

 

1) Produksi hormon pertumbuhan

Saat tidur ternyata terjadi peningkatan produksi hormon pertumbuhan yang berguna untuk menyimpan dan memperbaiki struktur protein. Pelepasan hormon untuk mengganti protein itu berlangsung efektif terutama saat tidur malam. Hormon pertumbuhan meningkat saat anak tidur lelap menjelang larut malam, sekitar pukul 22-00-24.00. Lewat tengah malam, produksi hormon menurun dan sedikit naik lagi pada pukul 03.00 dini hari.


2) Kecerdasan
Perkembangan otak Si Kecil membutuhkan beberapa zat penting seperti tyrosine. Zat itu adalah sejenis asam amino yang membentuk neurotransmitte cathecolamine, yang berfungsi untuk menimbulkan keadaan terjaga. Ada pula tryptophan yang merupakan senyawa yang terbentuk menjadi serotonin dan melatonin yang berfungsi meningkatkan kualitas tidur. Tidur cukup akan meningkatkan perkembangan otak melalui stimulasi endogenous atau dari dalam tubuh.

 

3) Regenerasi sel
Sel-sel yang rusak akan tergantikan oleh yang baru dengan meregenerasi dan membentuk sel baru pada saat tidur. Setiap hari ada sel-sel mati, jumlahnya tertentu dan diregenerasi dengan sel-sel baru. Keseimbangan antara sel-sel mati dan sel-sel tumbuh perlu dijaga. Kenapa? karena tanpa regenerasi sel dan jaringan, fungsi organ akan menurun.

 

Nah, sekarang sudah tahu kan Moms bagaimana tidur sangat memengaruhi tumbuh-kembang anak. Jadi mulai sekarang, selalu perhatikan waktu dan kualitas tidur buah hati kesayangan Anda ya! (Meiskhe/HH/dok.Freepik)

BACA JUGA: 

Bayi Berkeringat Saat Tidur, Normalkah?

Bisakah Mengubah Pola Tidur Bayi

Rekomendasi Terbaru Durasi Tidur Bayi dan Balita







RELATED ARTICLE

Perlukah Anak Minum Suplemen? Perhatikan 4 Hal Ini

Anak Anda Susah Makan? Cobalah 6 Cara Ini

6 Tips Bila Si Kecil Sering Terbangun di Malam Hari




OTHER ARTICLES

5 Gaya Asuh Orang Tua Milenial

5 Hal yang Bisa Ditiru dari Orang Tua Skandinavia

Saat Si Kecil Sering Mengucapkan 'Tidak'

Bayi Penyanyi Ini Kejatuhan Lampu Panas di Mall!

Balita Ini Hampir Buta karena Penyakit Langka