Mother&Baby Indonesia
Tips Mengatasi Rasa Cemburu Kakak pada Adik Baru Lahir

Tips Mengatasi Rasa Cemburu Kakak pada Adik Baru Lahir

Moms, si kakak cemburu dengan adiknya yang baru lahir? Ya, rasa cemburu yang Si Kecil rasakan adalah hal yang normal dan memang sering terjadi pada anak-anak. Biasanya, ini terjadi ketika Si Kecil akan memiliki adik baru. Ia akan merasa takut tidak disayang lagi ketika adiknya nanti lahir. Dengan kelahiran adik baru, perhatian dan waktu yang Anda berikan kepadanya akan terbagi. Hal itulah yang membuatnya takut kehilangan perhatian Anda ataupun Ayah.


Beberapa hal yang biasanya terjadi pada Si Kecil karena perasaan cemburu menurut Buku Pintar Mengasuh Batita, karya dr. Suririnah:


1. Regresi
Tahap perkembangan Si Kecil menjadi mundur ke tahap sebelumnya. Misal, Si Kecil sudah tidak mengompol, namun tiba-tiba ia mengompol pada malam hari. Si Kecil juga mulai ingin minum susu menggunakan botol dan ingin diperlakukan seperti bayi lagi.




2. Agresif
Si Kecil mulai bertindak agresif, seperti memukul Anda atau berusaha menyakiti adik barunya. Ini dilakukannya untuk menarik perhatian Anda.


3. Sering Menangis
Si Kecil mulai sering menangis, tidak dapat mengambil gelas lalu menangis. Banyak permintaan untuk mendapatkan perhatian Anda. Bila tidak dapat apa yang ia inginkan, maka ia menangis.


Adapun tips yang bisa Anda lakukan adalah:



1. Mengenalkan Lebih Awal
Memberitahukan Si Kecil bahwa ia akan memiliki adik baru sedari awal. Kenalkan dan mulai jelaskan bahwa Anda akan sedikit lebih sibuk ketika bayi itu akan lahir. Biarkan Si Kecil mengenal adik barunya melalui tendangan dalam perutnya.


2. Tetap Menjadi Pusat Perhatian
Saat bayi baru lahir dan banyak kerabat datang untuk melihat, tetap pusatkan perhatian pada kakak. Misal, “Adik ini secantik kakaknya ya,” ucapkan itu di depan kerabat Anda. Atau “Nati adik akan sepintar kakak, ya”.


3. Perhatian Khusus
Tetap berikan waktu khusus untuk bersama kakak agar ia tidak merasa sendiri. Bila perlu, sertakan kakak dalam aktivitas bermain bersama adik, misal mengajak bermain cilukba dan sebagainya. (Seva/HH/Dok. M&B UK)



Tags: saudara,   adik,   cemburu,   kakak