Mother&Baby Indonesia
6 Tips Bila Si Kecil Sering Terbangun di Malam Hari

6 Tips Bila Si Kecil Sering Terbangun di Malam Hari

Moms, Si Kecil sering terbangun di malam hari? Mungkin ia mengalami mimpi buruk. Ya, riset membuktikan bahwa setidaknya 15% dari seluruh anak usia sekitar 18 bulan masih sering terbangun di malam hari.

Menurut studi tersebut, ada beberapa alasan mengapa Si Kecil terbangun bahkan sampai membangunkan Anda di malam hari. Salah satunya adalah mimpi buruk. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk membujuk Si Kecil agar kembali tidur:

1. Jelaskan pada Si Kecil bahwa hari masih malam, besok Si Kecil masih harus berkegiatan kembali.



2. Hindari memberinya makanan ringan atau mengajaknya bermain. Kebiasaan ini memberikan kesan bahwa terbangun di malam hari adalah kegiatan yang menyenangkan. Pasalnya, ia bisa makan, bermain dan mendapatkan perhatian penuh dari Anda.

3. Berikan Si Kecil susu dan temani ia hingga tertidur kembali.

4. Acuhkan Si Kecil namun tetap mengawasinya. Terutama, saat ia benar-benar terjaga dan mengajak Anda bermain. Hal ini untuk menghindari agar ia merasa memiliki teman untuk bermain.

5. Ganti popok bila perlu karena mungkin Si Kecil merasa tidak nyaman dengan popok yang sudah terlalu penuh.



6. Pastikan Si Kecil hanya tidur siang dan tidak terlalu lama saat tidur siang. Kenapa? Karena durasi tidur siang yang terlalu lama (misalnya sampai sore hari) membuatnya semakin sulit tidur malam. Bahkan, bisa menjadi alasan Si Kecil untuk mudah terbangun di malam hari.(Seva/HH/Dok. M&B)

BACA JUGA:

Jangan Biasakan Menggendong Bayi Sebelum Tidur

Pertolongan Pertama Bila Anak Jatuh dari Tempat Tidur

Jangan Paksa Anak Tidur



Tags: tengah malam,   tidur,   balita








Cover Januari - Februari 2020