Mother&Baby Indonesia
Hindari 10 Makanan yang Merugikan Kesehatan Anak Ini

Hindari 10 Makanan yang Merugikan Kesehatan Anak Ini

Semakin bertambah umur Si Kecil,  semakin banyak pula makanan yang ingin dicicipinya. Alih-alih membuatnya sehat, makanan yang menjadi kegemarannya itu malah memberikan dampak buruk. Apa saja makanan tersebut? Yuk, lihat daftarnya di bawah ini!


1. Keripik
Camilan garing yang satu ini mengandung garam tinggi sekaligus mengenyangkan, Dampaknya perut Si Kecil tidak dapat lagi menampung makanan bernutrisi lainnya.  Selain itu, garam yang tinggi dapat menyebabkan kerja ginjal menjadi lebih berat. Padahal saat berusia di atas 1 tahun, ia hanya perlu mengonsumsi 2 gram garam dalam sehari.


2. Fast Food
Burger, kentang goreng, dan pizza mengandung garam dan gula tinggi, serta lemak jenuh yang tidak baik untuk balita. Makanan tinggi karbohidrat ini, akan menimbun lemak dalam tubuh Si Kecil sehingga menyebabkan obesitas di masa depan.



 

3. Permen
Mengandung banyak gula yang dapat merusak email gigi, terutama yang bertekstur kenyal, karena dapat menempel pada gigi. Sedangkan permen bertekstur keras, dapat meningkatkan risiko tersedak.

 

4. Sereal
Tentu saja kandungan vitamin dan mineral yang tertera pada kemasan menunjukkan angka yang tinggi. Tetapi jangan lupa untuk menengok kandungan gula per porsinya ya, Moms! Jika diperhatikan seksama, jumlah nutrisinya tidak sebanding dengan kadar gula dan garam yang tinggi. Untuk mengimbanginya, sebaiknya pilih sereal yang mengandung paling sedikit 3 gram serat per porsi.

 

5. Granola Bar
Granola bar yang dibuat untuk anak mengandung sedikit nutrisi dibanding granola untuk dewasa, karena terlalu banyak gula dan bahan tambahan di dalamnya seperti pewarna dan pengawet buatan.

 

6. Daging
Terlalu banyak memberikan daging olahan seperti smoked beef dapat berbahaya untuk Si Kecil. Daging olahan mengandung bahan pengawet yang dapat berisiko menyebabkan sakit jantung dan kanker.



 

7. Kue kemasan
Kini kue kemasan seperti snack sudah semakin banyak dijual di pasaran. Padahal kue seperti ini mengandung banyak lemak trans yang berbahaya bagi kesehatan.

 

8. Jus Kemasan
Jus kemasan sama sekali tidak mengandung nutrisi. Tidak hanya karena tinggi gula, namun juga karena minim serat dan vitamin. Sehingga mengonsumsinya, tidak akan menggantikan nutrisi yang didapat dari buah asli.


9.  Soda
Dokter gigi telah memperingatkan bahwa meminum 1 kaleng setiap hari sama saja dengan memakan semulut penuh gula. Tidak hanya menyebabkan kegemukan, kandungan gula dan asamnya juga berdampak buruk bagi gigi Si Kecil.

 

10.  Makanan Siap Saji
Makanan siap saji mengandung banyak lemak dan garam. Kandungan garam dikatakan tinggi bila melebihi 1,5 gram per 100 gram, sedangkan termasuk rendah bila jumlahnya tidak melebihi 0,3 gram per 100 gram.

Mulai sekarang berhati-hatilah dengan makanan yang dikonsumsi Si Kecil ya, Moms! (ClaudiaCarla/Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: balita,   makanan,   nutrisi,   sehat,   snack,   camilan,   jajanan,   obesitas,   nirnutrisi,   gula,   kalori








Cover Maret 2020