Mother&Baby Indonesia
Jangan Lupakan 6 Hal Penting Ini Saat Si Kecil Tantrum

Jangan Lupakan 6 Hal Penting Ini Saat Si Kecil Tantrum

Moms, pernah melihat anak balita mengamuk, menjerit dan menangis kencang tanpa sebab yang jelas? Atau, misalnya saat di mall, Anda menyaksikan anak yang meraung-raung sambil telentang di lantai karena tak dibelikan mainan oleh ibunya.

Perilaku anak yang tantrum memang menguji kesabaran ibu. Ya, tak sedikit ibu yang kesabarannya bisa hilang ketika menghadapi Si Kecil yang sedang tantrum. Meski sudah berusaha ditenangkan, tapi anak tetap saja tantrum. Alhasil, ibu jadi kesal dan marah. Akibatnya tingkah anak malah makin menjadi-jadi.

Nah, Anda tentu saja tidak ingin mengalami hal tersebut, bukan? Oleh karena itu, selalu ingatlah 7 hal ini ketika menghadapi anak yang sedang tantrum. Apa sajakah? Yuk, simak poin-poin berikut:




1. Tantrum itu ekspresi yang normal
Tantrum atau mengamuk itu merupakan sebuah ekspresi, lho Moms.Karena belum mampu menahan kemarahan dan rasa frustasinya dengan baik, maka anak mengekspresikannya dengan cara mengamuk.


2. Coba menghela napas
Cobalah menenangkan diri dengan menarik napas sambil menghitung 1 sampai 5. Lalu tahan napas. Kemudian embuskan napas pada hitungan ke-10. Cara ini bisa menenangkan Anda sebelum menghadapi amukan Si Kecil.


3. Pahami tantrum yang hanya sementara
Karena masih kanak-kanak, Si Kecil masih suka bertindak sesuka hatinya. Tak ada yang bisa orang tua lakukan, kecuali memahami tingkah Si Kecil itu. Untungnya, perilaku tidak menyenangkan ini hanya berlangsung sementara.


4. Mencari perhatian
Beberapa anak mengamuk karena sekadar ingin diperhatikan. Nah, kalau sudah begitu, hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mengabaikannya sampai ia tenang sendiri.


5. Bersenandung atau menyanyikan lagu
Coba alihkan rasa kesal dan marah Anda dengan bersenandung atau menyanyikan lagu yang menyenangkan.




6. Jangan menyerah Moms!
Jangan pernah menyerah terhadap amukan Si Kecil. Jika ia mengamuk karena menginginkan sesuatu, jangan buru-buru mengabulkan keinginannya. Hal itu akan menjadi kebiasaan dan dijadikan sebagai senjata ketika meminta sesuatu di lain waktu. (Meiskhe/HH/dok.M&B UK)

BACA JUGA:

Cara Unik Drew Barrymore Mengatasi Anak Tantrum

Menghadapi Anak Tantrum Sebelum Tidur

Menu Anti Tantrum



Tags: balita,   emosi,   tantrum,   amukan,   perilaku,   karakter,   kemarahan,   stres,   orangtua,   tenang. kesal








Cover Maret 2020