Mother&Baby Indonesia
Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Kolik pada Bayi

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Kolik pada Bayi

Moms, apabila Si Kecil dalam kondisi sehat namun terus menangis tanpa sebab dan sulit dikendalikan, ada kemungkinan ia dicurigai mengalami kolik. Kolik adalah kondisi perut nyeri atau sakit akibat menelan udara ketika menyusu atau minum. Kolik biasanya terjadi pada bayi sehat berusia di bawah 5 bulan, sehat, di mana ia terus menangis selama 3 jam dalam 3 hari atau lebih. Sebenarnya kolik bisa hilang dengan sendirinya, namun Anda juga bisa mengatasinya.

Berikut adalah beberapa langkah sederhana mengatasi kolik pada bayi:

 





  • Berikan probiotik. Bayi dengan kolik memiliki mikroflora usus yang berbeda dari bayi yang tidak mengalami kolik. Probiotik telah terbukti mengurangi gejala kolik pada bayi. Tanyakan kepada dokter jenis probitik yang cocok bagi bayi Anda.
  • Letakkan botol berisi air hangat pada bagian perutnya. Bungkus dengan handuk dan letakkan di atas perut Anda dan biarkan bayi berbaring di atas Anda. Hindari menggunakan air dengan suhu tinggi, bisa saja hangat bagi Anda namun terasa panas baginya.
  • Pijat bagian perut bayi Anda dengan lembut. Hal ini mungkin bisa membantu ia merasa lebih rileks.
  • Bawa bayi keluar rumah untuk berjalan-jalan sehingga ia merasakan suasana yang berbeda. Pemandangan baru dan udara segar mungkin dapat mengalihkan perhatiannya, menenangkannya dan membuatnya tertidur.
  • Gendong bayi dengan posisi berbeda. Jika ia berhenti menangis berarti ia nyaman dengan posisi tersebut.
  • Mandikan bayi. Memandikan ia dengan air hangat dapat membuatnya merasa lebih santai dan segar. Perhatiannya juga dapat teralihkan dengan adanya air.
  • Konsultasi ke dokter mengenai makanan yang Anda konsumsi selama menyusui. Kemungkinan ada makanan yang membuat bayi menjadi sensitif terhadap ASI sehingga menyebabkan kolik.
     

Nah, semoga membantu ya, Moms! (Meiskhe/HH/dok.M&B UK)



Tags: bayi,   kolik,   kembung,   sakit,   perut,   menangis,   nyeri,   asi,   air,   minum,   dokter_anak,   tips,   pengobatan