Mother&Baby Indonesia
Mengenal Tipe Kolik pada Bayi dan Solusinya

Mengenal Tipe Kolik pada Bayi dan Solusinya

Si Kecil selalu menangis dalam waktu lama dan terus-menerus? Boleh jadi ia mengalami kolik. Kolik merupakan episode tangisan berulang dan tidak bisa dikontrol pada bayi yang sehat. Bayi dikategorikan mengalami kolik jika ia berusia dibawah 5 bulan, tidak berhenti menangis selama 3 jam, atau menangis terus-menerus selama 1-3 minggu berturut-turut.

 

Mungkin, kolik pada Si Kecil membuat Anda sangat cemas. Namun tak perlu khawatir bila kita bisa mengenali tipe kolik yang dialami bayi.



 

Kolik Pencernaan
Bayi baru lahir memiliki sistem pencernaan yang belum sempurna. Karenanya, ia rentan mengalami sakit di bagian perut. Ada sejumlah penyebab kolik pencernaan, di antaranya karena ketidakseimbangan asam dalam lambung, masalah refluks, atau intoleransi susu sapi.

 



Kolik Fisik
Di awal kelahirannya, ada beberapa bagian tubuh Si Kecil yang tidak berada di tempat yang semestinya, seperti otot, tulang, ataupun sendi. Tandanya, sering gelisah, mudah menangis dan semakin parah saat malam hari. Lalu, ketika dipeluk atau digendong tubuhnya terasa kaku.

 

Moms, ingin lebih mengetahui informasi seputar kolik pada bayi? Temukan informasi lainnya di Mother&Baby edisi April 2017! (Carla/Seva/HH/Dok. M&B UK)

 



Tags: kolik,   bayi,   baby








Cover Januari - Februari 2020