Mother&Baby Indonesia
4 Tips Menggunting Kuku Bayi yang Aman

4 Tips Menggunting Kuku Bayi yang Aman

Kuku jari-jemari Si Kecil mulai panjang, Moms? Menggunting kuku Si Kecil memang harus menggunakan strategi tersendiri, mengingat jemari bayi masih sangat mungil. Maka Moms perlu melakukannya dengan hati-hati. Nah, berikut beberapa tips menggunting kuku bayi yang bisa Anda lakukan:

 



1. Gunting sehabis mandi
Menggunting kuku bayi sebaiknya saat kukunya lunak. Dengan begitu, Anda akan mudah untuk mengguntingnya. Nah, sehabis mandi adalah salah satu waktu yang tepat untuk menggunting kukunya. Anda juga dapat memilih waktu saat bayi sedang tidur. Hal ini lebih memudahkan Anda untuk menggunting kuku bayi.


2. Gunakan gunting kuku khusus bayi
Gunakanlah gunting khusus untuk bayi agar tidak mencederai kuku Si Kecil. Gunting khusus bayi ini biasanya tidak terlalu tajam sehingga aman digunakan pada bayi Anda.




3. Hindari menggunting terlalu dalam
Hindari menggunting kuku Si Kecil terlalu dalam karena dapat memudahkan jarinya terluka. Bila jari kuku terluka maka akan rentan terkena infeksi atau cantengan.


4. Bersihkan kotoran
Di sela-sela antara jari dan kukunya terkadang terdapat kotoran. Anda dapat membersihkannya menggunakan air hangat dan kapas pembersih. Bersihkan terlebih dahulu, baru Anda mulai menggunting kukunya. (Seva/HH/Dok. M&B UK)



Tags: kuku,   menggunting kuku,   bayi








Cover Januari - Februari 2020