Mother&Baby Indonesia
Gerakan Olahraga Ringan Untuk Bayi Baru Lahir

Gerakan Olahraga Ringan Untuk Bayi Baru Lahir

Bayi baru lahir ternyata memerlukan sedikit olahraga untuk melenturkan badannya lho, Moms! Ya, bayi baru lahir memang kegiatannya lebih banyak berada di tempat tidur, berguling ataupun tengkurap. Namun, ia juga memerlukan otot yang kuat agar ia dapat menegakkan kepala, tengkurap sendiri, duduk, merangkak dan akhirnya berjalan.


Untuk itu, Si Kecil perlu olahraga ringan agar tubuhnya selalu sehat, dapat tidur lebih nyenyak dan berkurang kerewelannya. Anda dapat memanfaatkan waktu pagi dan sore hari sebelum mandi. Nah, berikut gerakan olahraga ringan untuk bayi baru lahir.




1. Baringkan Si Kecil dengan posisi menghadap Anda. Biarkan tangan kanan dan kirinya memegang tangan kanan dan kiri Anda. Rentangkan tangannya perlahan, lalu angkat ke arah Anda bergantian. Jangan memaksa tangannya bila Si Kecil mulai menariknya kembali. Lakukan gerakan ini sebanyak 5 kali.


2. Masih dengan posisi yang sama, rentangkan tangannya, lipat tangan kanannya ke dada secara bergantian. Lakukan gerakan ini sebanyak 5 kali.




3. Pada posisi terlentang. Ayunkan kakinya seperti sedang bermain sepeda. Perlahan saja ya, Moms. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali. Lanjutkan bila Si Kecil mulai tersenyum dan tertarik untuk melakukannya lagi.


Penting kita tahu, kondisi tubuh bayi berbeda-beda, terutama jika Si Kecil lahir prematur. Karenanya, Anda perlu berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum memulai gerakan-gerakan ini. (Seva/HH/Dok. M&B UK)


 



Tags: olahraga,   aktivitas,   bayi








Cover Januari - Februari 2020