Mother&Baby Indonesia
Cara Tepat Mengatasi Biang Keringat Bayi dan Balita

Cara Tepat Mengatasi Biang Keringat Bayi dan Balita

Duh, cemas ya Moms melihat muncul bruntus-bruntus merah di dada, punggung, atau wajah (dahi dan hidung) Si Kecil. Kondisi itu membuatnya rewel sepanjang hari. Itu adalah biang keringat, Moms. Biang keringat adalah ruam kecil berwarna merah dan menonjol yang terasa gatal dan perih pada kulit, serta memberikan sensasi menyengat.

 

Penyakit kulit ini dapat muncul di bagian tubuh mana pun, beberapa hari setelah terkena paparan suhu panas atau lembap. Pada bayi,  penyakit yang juga disebut miliaria ini sering ditemukan berada di lipatan kulit, seperti leher, ketiak, siku, dan selangkangan.



 

Penyakit ini umumnya terjadi karena penyumbatan saluran keringat. Saluran keringat yang tersumbat akan menimbulkan penggumpalan, karena terpicu oleh bakteri tidak berbahaya di bawah lapisan kulit. Penumpukkan keringat ini yang akhirnya menyebabkan iritasi berupa bintil merah. Pori-pori kulit yang kecil pada bayi dan balita, juga turut berperan membuat anak sering terkena biang keringat.

 

Gejala biang keringat berbeda-beda sesuai dengan jenis dan tingkat keparahannya. Pada tingkat yang paling ringan, yaitu miliaria kristalina, bintil yang muncul berukuran kecil dan berisi cairan bening dan mudah pecah. Tingkat selanjutnya akan diikuti dengan kemunculan bintil merah dengan sensasi gatal menyengat yang disebut miliaria rubra. Keringat juga akan berkurang dan akan muncul rasa sakit pada area sekitar kulit. Sedangkan pada miliaria pustulosa, isi bintil tidak lagi bening, melainkan berisi nanah dan untuk yang paling parah, yaitu miliaria profunda ditandai dengan bintil besar dan keras.

 

Sebenarnya biang keringat tidak membutuhkan penangan khusus karena dapat hilang dengan sendirinya bila tidak terkena panas. Tetapi beberapa hal dapat dilakukan untuk mempercepat penyembuhan, seperti memindahkan Si Kecil ke ruangan yang sejuk, menggunakan topi saat di luar rumah, menggunakan pakaian berbahan katun, dan mengoleskan lotion calamine.

 



Meski biang keringat termasuk penyakit ringan, tetapi tetap berpeluang menimbulkan infeksi. Segera hubungi dokter jika suhu tubuh Si Kecil lebih dari 38 derajat dan ruam tidak hilang setelah 4 hari diiringi demam, keluar nanah, atau pembengkakan kelenjar getah bening di telinga atau ketiak. Semoga Si Kecil cepat sembuh, ya! (ClaudiaCarla/HH/dok.M&B UK)


BACA JUGA:

4 Macam Penyakit Kulit Yang Sering Dialami Bayi

Kenali Tanda Biang Keringat Pada Si Kecil

Bahaya Infeksi Pneumokokus pada Bayi



Tags: bayi,   balita,   biang_keringat,   penyakit,   gejala,   tips,   pengobatan,   gatal,   keringat,   ruam








Cover Maret 2020