Mother&Baby Indonesia
5 Perubahan Alami yang Terjadi Pasca Persalinan

5 Perubahan Alami yang Terjadi Pasca Persalinan

Usai melahirkan, tak sedikit Moms yang mengeluhkan sulit menurunkan berat badan. Ya, secara alami, selama Moms mengandung janin selama 9 bulan, tubuh mengalami perubahan karena faktor kehamilan dan hormonal. Salah satunya, tubuh menjadi lebih besar atau berat badan bertambah. Nah, usai melahirkan pun Moms akan mengalami berbagai perubahan lain. Apa sajakah itu? Berikut di antaranya: 

 

1. Strectmark
strecthmark atau garis halus pada kulit bagian perut Anda biasanya terjadi karena perenggangan kulit saat hamil. Ini biasa terjadi pada ibu hamil dan hampir semua ibu hamil mengalami ini.



 

2. Pembengkakan Payudara
Setelah melahirkan, biasanya Anda merasakan bengkak pada payudara karena produksi ASI yang berlebih. Bila Anda merasakan ini dan Si Kecil sudah terlalu kenyang untuk minum ASI, pompalah payudara Anda agar bisa terus memproduksi ASI.

 

3. Baby Blues dan Postpartum Depression
Dikutip dari babycenter.com, baby blues akan hilang dengan sendirinya. Kurang tidur dapat membuat baby blues semakin buruk. Karena itu, upayakan untuk beristirahat kapan pun Anda bisa. Bahkan tidur siang 10 menit dapat membuat Anda merasa lebih baik. Jangan lupa juga untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi agar tubuh Anda tetap fit.



 

4. Rambut Rontok
Perubahan hormon selama kehamilan membuat rambut Anda tidak dapat rontok. Semua rambut yang 'seharusnya' rontok selama masa kehamilan pun baru rontok setelah Anda melahirkan. Umumnya, jangka waktunya adalah selama 6 bulan setelah melahirkan.
 

5. Pendarahan

Masa nifas dapat Anda alami selama 4 - 6 minggu bahkan ada yang lebih dari 6 minggu. "Masa nifas memang terjadi pada semua ibu pasca melahirkan, bila darah yang keluar sangat berlebih, sebaiknya konsultasikan ke dokter," ujar dr M. Farhan Djamal Hasan Sp.OG dari RS Evasari pada acara talkshow yang diselenggarakan di Mother&Baby Fair 2017 di Balai Kartini, Jakarta, Minggu (30/04). (Seva/HH/Dok. M&B UK)



Tags: pasca persalinan,   setelah melahirkan








Cover Januari - Februari 2020