Mother&Baby Indonesia
Ketika Kontraksi Datang, Apa yang Harus Dilakukan?

Ketika Kontraksi Datang, Apa yang Harus Dilakukan?

Kecia Gaither, M.D., penulis The Journal of Reproductive Medicine mengatakan, kontraksi merupakan salah satu tanda Si Kecil akan lahir. Menjelang persalinan, banyak perubahan dalam tubuh yang akan Anda rasakan dan ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan. Karena itu, Anda harus mengetahui apa yang akan dihadapi ketika kontraksi dan cara menanganinya.

 

Yang akan Anda Rasakan
Ketika mengalami kontraksi, rongga perut atau abdomen Anda menjadi keras. Otot rahim juga akan menguat. Karena tekanan tersebut, Anda akan merasa berat di bagian perut, kemudian sakit atau pegal di bagian punggung.



 

Waktu dan Panjang Kontraksi
Saat baru dimulai, kontrkasi akan terasa pendek dan sebentar. Semakin mendekati persalinan, kontraksi Anda akan terasa lebih panjang, kuat dan frekuensi tinggi.

 



Trik Melancarkan Kontraksi
Menurut dr. Dwi Nurriana, Sp.OG dari Kemang Medical Care, saat kontraksi, yang harus Anda lakukan adalah tenang. “Anda tidak boleh panik, bernapaslah pelan dan dalam untuk menyiapkan otot-otot Anda saat mengeluarkan Si Kecil,” ujarnya.

 

Nah, Moms Ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar kontraksi? Yuk, baca majalah Mother&Baby edisi April 2017! (TW/Seva/HH/Dok. M&B UK)

 



Tags: kontraksi,   hamil,   kehamilan,   pregnancy