Home - Kehamilan & Persalinan - Persalinan / 12 April 2017 / Redaksi

Dear Moms, Perhatikan Tanda Melahirkan Ini, Ya!

Setelah berbulan-bulan mengandung janin, Anda tentu sudah tidak sabar ingin bertemu Si Kecil. Apalagi jika tanggal bersalin atau due date Anda sudah semakin dekat. Wah, pasti Anda ingin lekas menimang Si Bayi ya. Anda yang mulai sibuk dengan persiapan menyambut Si Kecil, tentunya juga memiliki bekal dengan informasi tanda-tanda mau melahirkan. Simak yuk, tanda-tanda persalinan berikut:

 

a. Pecah Ketuban
Takut drama persalinan dimulai dengan pecah ketuban mendadak saat Anda di kantor? Jangan khawatir Moms karena drama itu faktanya sangat jarang terjadi. Sebuah penelitian menunjukkan, kurang dari 8 persen ibu hamil mengalami pecah ketuban sebelum mengalami kontraksi. Menurut Ireland Health Service Executive, sekitar 80% wanita melahirkan secara spontan dalam 12 jam setelah pecah ketuban.



 

b. Kontraksi
Di usia kehamilan 37 minggu, biasanya Anda mulai merasakan kontraksi. Saat ini bayi mulai turun ke tulang panggul lebih dalam lagi dan kontraksi berlangsung 3 kali dalam beberapa menit. Tapi hati-hati keliru dengan Braxton Hicks atau kontraksi palsu yang cirinya tidak kuat dan tidak intens. Kontraksi palsu ini bisa dipicu karena kelaparan atau dehidrasi. Jadi pastikan Anda tidak kurang makan dan minum, ya!

 



c. Semakin Sering ke Toilet
Semakin besar janin dalam perut Anda, tentu akan semakin menekan kandung kemih Anda. Hal itu membuat Anda akan lebih sering buang air kecil saat hamil. Semakin sering lagi di minggu terkahir kehamilan Anda, karena posisi janin sudah di tulang panggul. Tetaplah minum air putih untuk menghindari dehidrasi.

 

Ingin tahu lebih banyak tanda melahirkan? Baca Mother&Baby edisi April 2017! (TW/Seva/HH/Dok. M&B UK)

 

 


RELATED ARTICLE

5 Tanda Ibu Mengalami Postpartum Depression

Riset Terbaru: Blueberry Dapat Cegah Baby Blues

Birth Sling, Metode Baru Melahirkan Normal

OTHER ARTICLES

Benarkah Obstetric Cholestasis Jadi Penyebab Prematur?

Waspada Hepatitis A pada Anak! Ketahui 10 Fakta Ini

Cara Tepat Mencapai Tujuan Keuangan Keluarga Anda

Ini Tanda-Tanda Bayi Kelelahan dan Cara Mengatasinya

Tips Berpuasa untuk Anda yang Menderita Asam Lambung