Mother&Baby Indonesia
5 Tips Menyiapkan Kamar Nyaman untuk Bayi

5 Tips Menyiapkan Kamar Nyaman untuk Bayi

Wah, sebentar lagi Si Kecil lahir ke dunia ya, Moms. Anda pun harus melakukan banyak persiapan untuk menyambutnya. Salah satu yang wajib Anda siapkan tentu saja kamar yang dipakainya untuk tidur dan bermain sehari-hari. Sebenarnya, menyiapkan kamar bahkan sebelum bayi lahir merupakan ide yang bagus. Kenapa? karena setelah Si Buah Hati lahir, Anda dan suami akan lebih fokus untuk merawat Si Kecil. Jadinya, perihal kamar bayi tak jarang terlupakan.

 

Nah, saat mengatur kamar bayi pastikan memerhatikan kenyamanan tidak hanya bagi bayi namun juga bagi Anda ya, Moms. Letakkan berbagai perlengkapan di tempat yang mudah dijangkau serta perhatikan pencahayaan dan sirkulasi udara. Berikut adalah beberapa panduan dalam menyiapkan kamar bayi yang aman dan nyaman:



 

1) Suhu
Mungkin Anda ingin bayi tidur bersama Anda di dalam satu kamar.  Namun, ada baiknya ia memiliki kamar khusus. Baik memiliki kamar sendiri atau berbagi kamar dengan Anda, pastikan bayi tetap dijaga agar tetap hangat. Pertahankan suhu yang konstan sekitar 16-20 derajat C.

 

2) Perabot dan penyimpanan
Sediakan lemari berlaci untuk menyimpan pakaian bayi Anda sekaligus digunakan sebagai meja saat mengganti popok. Usahakan lemari setinggi pinggul Anda sehingga lebih mudah digunakan saat akan mengganti popok dan pastikan permukaannya mudah dibersihkan. Letakkan matras di atasnya dan selalu sediakan tempat sampah di sekitarnya untuk membuang diaper.

 

3) Pencahayaan
Setiap malam hari Anda akan sering memeriksa bayi saat tidur. Jadi akan sangat membantu jika Anda memiliki lampu yang bisa dinyalakan tanpa mengganggu tidurnya. Anda bisa menggunakan lampu tidur atau lampu berkap di dalam kamarnya.  Namun, hindari ada kabel yang menjulur di lantai.

 



4) Lantai dan dinding
Lantai kamar bayi tidak boleh licin, hangat dan harus mudah dibersihkan. Jangan menggunakan karpet atau keset kecil untuk menghindari Anda tersandung. Pilih pelapis lantai yang tahan lama dan mudah dibersihkan. Untuk dinding, gunakan cat yang bebas racun dan bisa dibersihkan dengan air. Bisa juga gunakan wallpaper yang mudah dibersihkan.

 

5) Jendela dan tirai
Jaga agar sirkulasi udara bayi Anda tetap baik dan pastikan jendela anti-lembap dan jauh dari jangkauan bayi. Pasang tirai kain untuk menghalau cahaya dari luar saat bayi tidur pada siang hari. Gunakan material yang tidak mudah terbakar.
(Meiskhe/HH/dok.Freepik)

BACA JUGA:

Bayi Selalu Berkeringat Saat TIdur Normalkah

Kesalahan yang Terjadi di Kamar Tidur 

Tips Membiasakan Anak Tidur Sendiri   

 



Tags: bayi,   kamar,   nyaman,   aman,   perlengkapan,   box,   crib,   lemari,   kotak,   cahaya,   suhu








Cover Januari - Februari 2020