Mother&Baby Indonesia
Cara Tepat Merawat Kulit Bayi agar Tak Iritasi

Cara Tepat Merawat Kulit Bayi agar Tak Iritasi

Moms, umumnya bayi memiliki kulit yang lembut namun sangat sensitif. Jika tidak dirawat dengan baik, berbagai hal dapat terjadi pada kulitnya seperti biang keringat, iritasi, alergi, ruam bahkan bisa terkena penyakit kulit yang parah. Nah, supaya terhindar dari hal tersebut, Anda harus cermat dalam merawat kulit Si Kecil. Cara merawatnya adalah sebagai berikut:

 

Mandi
Bayi butuh dimandikan dua sampai tiga kali dalam seminggu dengan air hangat (bukan air panas) agar ia tetap bersih. Saat memandikannya hindari menggunakan terlalu banyak air ya, Mom. Air yang dibutuhkan hanya sampai pada bagian pinggang saat ia duduk di dalam bak atau baskom mandinya.



 

Rutin Ganti Popok
Terkadang penggunaan popok dengan tidak tepat dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Anda harus sering mengganti popoknya dan harus memastikan bagian tertutup popok telah bersih. Gunakan tisu lembut untuk membersihkan. Anda  juga dapat menggunakan lotion khusus atau basuh dengan air hangat. Tunggu sampai benar-benar kering sebelum Anda memakaikan popok yang baru. Selain memerhatikan penggatian popok, Anda perlu menggunakan jenis popok yang tepat. Hindari penggunaan popok yang terlalu sempit atau longgar untuk menghindari gesekan.

 

Cerdas Memilih Produk Perawatan Kulit
Anda bisa menggunakan berbagai produk perawatan kulit di antaranya gel mandi, lotion, dan sampo, namun perhartikan reaksi alergi yang ditimbulkan. Sangat penting untuk menjaga kulit bayi selalu lembap. Karena itu, penggunaan lotion diperbolehkan.

 

Waspada terhadap Cuaca
Bayi benar-benar bisa terpapar matahahari secara langsung setelah ia berusia di atas 6 bulan. Namun, Anda tetap disarankan untuk mengoleskan tabir surya dengan SPF-30 pada kulitnya. Untuk perlindungan terbaik, oleskan produk tersebut 30 menit sebelum keluar rumah. Sebaiknya pakaikan baju agak longgar dan menyerap keringat karena pada usia tersebut kelenjar keringatnya masih belum berkembang dengan baik. Jika Anda tinggal di daerah dengan cuaca dingin, ada baiknya meletakkan air humidifier di dalam kamarnya untuk menjaga kelembapan udara tetap stabil. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)



BACA JUGA:

Trik Membersihkan Kerak di Kulit Kepala Bayi

Jika Kulit Si Kecil Kering

3 Langkah Merawat Kulit Bayi Prematur

 

 



Tags: bayi,   kulit,   perawatan,   lembut,   sensiti,   iritasi,   tips,   gel,   mandi,   popok,   ruam_popok










Cover April 2020